Program 'Rumah KOBAN' Menarik Minat Delegasi PPSUC Dari Tiongkok Belajar di Polres Salatiga

Iklan Semua Halaman

Dibutuhkan Kontributor Berita Global Dot Net di Wilayah Indonesia - Ingin Gabung Kontak WA 081226637986

Program 'Rumah KOBAN' Menarik Minat Delegasi PPSUC Dari Tiongkok Belajar di Polres Salatiga

Saturday, September 22, 2018
Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan memberikan sambutan dalam acara kunjungan Delegasi People's Public Security University of China (PPSUC) dari Tiongkok di Rumah KOBAN, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Dukuh, Kota Salatiga, Jumat (21/09/2018). (Foto: Dok Polsek Sidomukti)

Salatiga, beritaglobal.net - Program Rumah Koordinator Bantuan Keamanan (Rumah KOBAN), telah lama berjalan di wilayah hukum Polres Salatiga, dalam perannya membantu tugas Kepolisian dari unsur masyarakat sipil.

Keberhasil program Rumah KOBAN ini akhirnya menarik minat salah satu universitas di Tiongkok, yaitu People's Public Security University of China (PPSUC), untuk berkunjung ke Rumah KOBAN di Dukuh, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jumat (21/09/2018).

Kehadiran Delegasi PPSUC dari Tiongkok di wilayah hukum Polsek Sidomukti Polres Salatiga juga didampingi langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan, beserta pejabat dari Akademi Kepolisian (AKPOL) Jawa Tengah, diantaranya Kombes Kukuh Santosa, S.I.K., AKBP Eko Wigiyadi, S.I.K., M.H., AKBP Iwan Irmawan, S.I.K., M.Si., Kompol Widiarto, H.S., S.I.K., M.S.I., Kompol Widiarti, S.I.K., Kompol Riswidiati Anggraeni, S.I.K., dan juga Camat Sidomukti Agung Pitoyo, A.P., Danramil 01/Kota Salatiga Kapten Totok, Lurah Dukuh, Ketua FKPM, Babinsa Kelurahan Dukuh, tokoh Agama, PJU Polres Salatiga.

Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto (paling kiri) berfoto bersama Ketua Delegasi PPSUC dan Camat Sidomukti.

Seperti disampaikan oleh Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto kepada beritaglobal.net, Sabtu (22/09/2018), dirinya bersama jajaran Polsek Sidomukti merasa mendapatkan kehormatan dengan kehadiran delegasi dari PPSUC yang dipimpin oleh Mr. Li Yadong dalam kunjungannya ke Rumah KOBAN.

"Suatu kehormatan mendapatkan kunjungan dari delegasi PPSUC Republik Rakyat Tiongkok dengan didampingi dari Taruna dan Pembina Akpol di rumah KOBAN, dari binaan Bhabinkamtibmas Aiptu Sunardi di wilayah Polsek Sidomukti," ucap Kompol Arif Haryanto, kepada beritaglobal.net.

Ketika ditanyakan terkait program Rumah KOBAN, Kompol Arif Haryanto menjelaskan singkat, "Untuk Rumah KOBAN sudah lama berjalan, itu progam dari Jepang, yang fungsinya memberikan pelayanan pada masyarakat di ujung terdepan kepolisian melalui peran Bhabinkamtibmas," terang Kompol Arif tentang program Rumah KOBAN.

Melanjutkan keterangannya, Kompol Arif menyampaikan sasaran yang akan dicapai dari adanya Rumah KOBAN, "Jadi dengan adanya Rumah KOBAN, dapt memberikan bantuan langsung kemasyarakatan, untuk masalah hukum kecil yang masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, misalnya pertengkaran adu mulut sesama tetangga yang belum mengarah ke ranah kriminal," tandas Kompol Arif Haryanto.

Mahasiswa PPSUC saat mengikuti pemaparan tentang program Rumah KOBAN

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan saat dikonfirmasi terpisah terkait sasaran kerja sama yang akan dicapai dari kedatangan Delegasi PPSUC dari Tiongkok dengan Polres Salatiga menyampaikan, "Tidak ada target kerjasama khusus dengan mereka. Maksud kedatangan mereka didampingi Tim dari Akademi Kepolisian adalah untuk melihat implementasi kepolisian masyarakat di Indonesia sebagai bahan kajian pendidikan," ucap AKBP Yimmy Kurniawan. (Agus S/Choerul Amar)