Berbahan Dasar Singkong, Tumpeng Sawut Juarai Lomba Kreasi Tumpeng

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto saat melihat tumpeng kreasi dari salah satu kelompok peserta Lomba Krea...

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto saat melihat tumpeng kreasi dari salah satu kelompok peserta Lomba Kreasi Tumpeng di Pendopo Sukarno, Jalan Sukowati No. 51, Salatiga. (Foto: dok. istimewa/FMA)

Salatiga, beritaglobal.net - Lomba kreasi tumpeng yang digelar di Pendopo Soekarno, Jalan Sukowati No. 51, Salatiga pada Jumat (26/07/2019) bukanlah lomba tumpeng biasa. Tumpeng yang dilombakan merupakan kreasi dan inovasi peserta mengolah bahan makanan lokal non beras dan terigu.

Sebanyak 13 kelompok yang mengikuti lomba tumpeng ini menyajikan kreasi olahan dari ubi, jagung, pisang dan juga labu.

Bertindak sebagai dewan juri, Ketua Ikaboga Salatiga, Dyah Laras dan Guru SMK N 1 Salatiga jurusan tata boga, Puji Nur Zakiah, lomba tumpeng ini harus memiliki kaidah B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) dengan komposisi karbohidrat sebesar 25%, protein nabati dan hewani sebesar 50% dan sayuran sebesar 25%.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto, kreasi para peserta ini sudah sangat bagus dari segi keseimbangan gizi, inovasi dan estetika.

"Sudah cukup bervariasi, ada sumber karbohidrat, protein nabati dan hewani dan ini sudah sangat bagus dari aspek keseimbangan nilai gizi. Dari segi estetika pun sudah menarik. Tampilan yang bagus ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri, ternyata dari bahan pangan lokal bisa dibuat inovasi inovasi yang menarik untuk dikonsumsi," ujar Agus.

Lebih lanjut Agus Wariyanto menambahkan bahwa bahan pangan lokal pengganti beras ini tak kalah besar manfaatnya bagi kesehatan, semisal singkong yang sangat bagus untuk penderita diabetes. Agus juga menambahkan bahwa dengan kreasi pengolahan bahan pangan lokal menjadi menarik maka akan menarik minat generasi milenial untuk beralih dari makanan impor yang marak saat ini kepada makanan lokal yang lebih menyehatkan.

"Pangan lokal pun kalau disentuh dengan dengan kreativitas dan kecerdasan akan sangat menarik dan tidak kalah nilai gizinya dengan pangan impor. Jadi seperti himbauan bapak gubernur bahwa kita harus mengembangkan pangan-pangan lokal ini semaksimal mungkin dengan mendayagunakan lahan-lahan pekarangan," papar Agus.

Dan menurut Agus, pendayagunaan lahan pekarangan tersebut harus dengan sentuhan tehnologi seperti hidroponik, verticulture, sehingga sewaktu waktu masyarakat bisa mendayagunakannya sebagai sumber lumbung pangan hidup.

Keluar sebagai juara 1 adalah perwakilan SMK Negri 1 Salatiga yang menyajikan tumpeng nasi sawut dengan berbagai sayuran dan lauk sebagai pelengkapnya. Juara 2 diraih oleh tim dari Blotongan dengan kreasi tumpeng pisang sedang juara 3 diraih tim dari Tingkir dengan kreasi tumpeng labu kuning. (Fera Marita)

COMMENTS

Name

BERITA DAERAH,213,BERITA FOTO,8,BERITA KRIMINAL,69,BERITA NASIONAL,148,BISNIS,19,BREAKING NEWS,23,CERITA BERSAMBUNG,1,EKONOMI & KEUANGAN,5,FINANCE,16,HIBURAN,1,HUKUM,35,IBADAH,1,INFO LALIN,27,INFO LALIN LEBARAN,2,INFO MUDIK 2019,1,INSPIRASI USAHA,5,INTERNASIONAL,18,INVESTIGASI,3,KABAR KERETA API,8,KEDADEAN SENGKOLO,1,KESEHATAN,2,KEUANGAN,3,KOMODITAS,1,LELAYU,1,LIFESTYLE,103,LINGKUNGAN,9,LINGKUNGAN HIDUP,40,NEWS,1620,NGLENCER,1,OLAH RAGA,33,OPINI,6,PARIWISATA,17,PEMBANGUNAN,1,PEMERINTAHAN,20,PEMILU 2019,31,PENDIDIKAN,140,PERISTIWA,290,PILKADES,9,PLESIRAN,1,POLITIK,49,PRAKARYAN,1,PRALOYO,1,SAR,22,SELEB,4,SENI & BUDAYA,48,SERBA SERBI,9,SOSOK,4,SUARA KONSUMEN,1,SULIH WARTO,23,TNI & POLRI,348,TNI POLRI,103,TOKOH KITA,1,WISATA ALAM,17,
ltr
item
beritaglobalnet: Berbahan Dasar Singkong, Tumpeng Sawut Juarai Lomba Kreasi Tumpeng
Berbahan Dasar Singkong, Tumpeng Sawut Juarai Lomba Kreasi Tumpeng
https://1.bp.blogspot.com/-qgVcjjcfZho/XTsOSUXWLuI/AAAAAAAAVyk/LvAFiu82Jo4JWbLE_PgrgYEp5GpeU1DxgCLcBGAs/s400/IMG-20190726-WA0076.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qgVcjjcfZho/XTsOSUXWLuI/AAAAAAAAVyk/LvAFiu82Jo4JWbLE_PgrgYEp5GpeU1DxgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190726-WA0076.jpg
beritaglobalnet
http://www.beritaglobal.net/2019/07/berbahan-dasar-singkong-tumpeng-sawut.html
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/2019/07/berbahan-dasar-singkong-tumpeng-sawut.html
true
2921465152236395144
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy