Biru Langitku Hijau Bumiku, Harapan Warga Kota Salatiga di Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019

Walikota Salatiga Yuliyanto, S.E., M.M., didampingi Kepala DLHK Salatiga meninjau stand Pasar Salatiga Tempo Doeloe, dalam rangkaian acara...

Walikota Salatiga Yuliyanto, S.E., M.M., didampingi Kepala DLHK Salatiga meninjau stand Pasar Salatiga Tempo Doeloe, dalam rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Kota Bendosari, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. (Foto: dok. Humas Setda Kota Salatiga)
Salatiga, beritaglobal.net - Taman Kota Bendosari di wilayah Kecamatan Argomulyo, menjadi salah satu ikon pelestarian lingkungan hidup di Kota Salatiga. Keberadaan taman kota nan hijau, yang diharapkan menjadi paru - paru kota, menjadi tempat pilihan terselenggaranya peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019, Rabu (07/08/2019) kemarin.

Berdasar release diterima beritaglobal.net dari Humas Setda Kota Salatiga, peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengusung tema Beat Air Pollution yang diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi 'Biru Langitku, Hijau Bumiku'.

“Berbicara mengenai lingkungan, tentu terkait erat dengan pencemaran udara. WHO menyatakan, 7 juta orang meninggal dunia per tahun akibat polusi, dimana jumlah terbesar berasal dari kawasan Asia dan Afrika. Namun kita patut bersyukur karena Air Quality Index di Kota Salatiga masih dibawah 50, yang artinya berkualitas baik,” jelas Yuliyanto saat memberikan sambutan sekaligus membuka Pasar Salatiga Tempo Doeloe, yang ditandai dengan pemukulan kentongan.

Selain indeks kualitas udara yang baik, lanjut Walikota, keberadaan Taman Bendosari sebagai paru - paru kota, TPA seluas 5,3 ha yang pengelolaannya telah menggunakan metode controlled landfill, 56 Bank Sampah, tujuh TPS 3R, tiga Kampung Iklim dan 30 sekolah Adiwiyata, dimana delapan sekolah diantaranya telah meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional sangat pantas untuk disyukuri. Begitu pula dengan keberadaan perusahaan peserta Propernas yang mendapat predikat ‘Biru' dan dua peserta Properda yang mendapat predikat 'Taat' serta gerakan dari para komunitas dan LSM yang didukung oleh masyarakat telah turut menyumbang kelestarian lingkungan yang berdampak pada kualitas udara. Sinergitas tersebut telah mengantarkan Kota Salatiga kembali meraih Penghargaan Adipura yang diperoleh selama tiga tahun berturut - turut.

“Meskipun banyak prestasi yang telah dicapai, masih banyak pula yang harus disempurnakan. Saya harap kegiatan pada hari ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin sadar dan terus berbenah, menjadikan perilaku peduli lingkungan sebagai kebiasaan sehari-hari. Tak hanya dalam upaya meraih penghargaan semata, melainkan sebagai wujud syukur atas bumi pertiwi yang telah dikaruniakan kepada kita semua,” terang Yuliyanto.

Terkait dengan penyelenggaraan Pasar Salatiga Tempo Doeloe di Taman Bendosari tersebut, Yuliyanto berharap bisa dilaksanakan secara berkesinambungan, tak hanya sebagai upaya pelestarian kuliner khas, tetapi juga mengukuhkan fungsi Taman Bendosari, yang tak hanya sebagai paru - paru kota, tetapi juga sebagai area plaza.

“Kepada Pelaku UKM, saya minta agar mulai memperhatikan kemasan yang digunakan, yakni harus eco-friendly. Terlebih, judul kegiatannya adalah Pasar Tempo Doeloe, tentu kurang tepat jika menggunakan kemasan yang modern, apalagi jika tak ramah lingkungan. Mulai sekarang, UKM Kota Salatiga harus berkomitmen untuk mulai beralih pada kemasan ramah lingkungan,” pesannya.

Lebih jauh, Walikota mengajak seluruh masyarakat Kota Salatiga untuk  membiasakan pola hidup peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, agar “Biru Langitku, Hijau Bumiku” tak hanya menjadi sekedar slogan, tetapi juga menjadi sebuah komitmen bersama untuk menuju masyarakat Kota Salatiga yang cinta dan peduli lingkungan.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Prasetyo Ichtiarto menuturkan bahwa keberadaan Pasar Salatiga Tempo Doeloe sangat dimungkinkan untuk digelar secara rutin setiap bulan. Hal ini dikarenakan tingginya antusiasme masyarakat yang datang ke Taman Bendosari, dan langsung menyerbu 24 stand makanan tradisional khas yang ada di Kota Salatiga tersebut.

“Kalau memang respon dari pembeli dan penjual cukup bagus, tentu akan kita agendakan setiap bulan bisa dua atau tiga kali. Sehingga taman kota ini bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata pasar tempo dulu,” ujar Prasetyo.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut, juga digelar berbagai lomba, diantaranya adalah lomba yel-yel anak-anak sekolah dasar, daur ulang sampah, melukis tong sampah, musik daur ulang dan lain - lain, yang bertujuan untuk menunjukkan eksistensi generasi muda, dalam memanfaatkan atau mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup juga melibatkan beberapa OPD, antara lain Disbudpar, Bangpelitbangda, Dinas UMKM dan Koperasi serta Dinas Pangan guna menyukseskan seluruh kegiatan yang berlangsung pagi hingga siang hari tersebut. (KHM/HMS)

COMMENTS

Name

BERITA DAERAH,213,BERITA FOTO,8,BERITA KRIMINAL,69,BERITA NASIONAL,150,BISNIS,19,BREAKING NEWS,23,CERITA BERSAMBUNG,1,EKONOMI & KEUANGAN,6,FINANCE,16,HIBURAN,1,HUKUM,35,IBADAH,1,INFO LALIN,27,INFO LALIN LEBARAN,2,INFO MUDIK 2019,1,INSPIRASI USAHA,5,INTERNASIONAL,19,INVESTIGASI,3,KABAR KERETA API,8,KEDADEAN SENGKOLO,1,KESEHATAN,2,KEUANGAN,3,KOMODITAS,1,LELAYU,1,LIFESTYLE,104,LINGKUNGAN,9,LINGKUNGAN HIDUP,40,NEWS,1625,NGLENCER,1,OLAH RAGA,33,OPINI,6,PARIWISATA,17,PEMBANGUNAN,1,PEMERINTAHAN,20,PEMILU 2019,31,PENDIDIKAN,140,PERISTIWA,290,PILKADES,9,PLESIRAN,1,POLITIK,49,PRAKARYAN,1,PRALOYO,1,SAR,22,SELEB,4,SENI & BUDAYA,48,SERBA SERBI,9,SOSOK,4,SUARA KONSUMEN,1,SULIH WARTO,23,TNI & POLRI,348,TNI POLRI,103,TOKOH KITA,1,WISATA ALAM,17,
ltr
item
beritaglobalnet: Biru Langitku Hijau Bumiku, Harapan Warga Kota Salatiga di Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019
Biru Langitku Hijau Bumiku, Harapan Warga Kota Salatiga di Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019
https://1.bp.blogspot.com/-O51JjmMzML8/XUu2tPD2AkI/AAAAAAAAY-I/9f4nnIM7cvQdQDJUrw9Xu1Ewxgp6A9cbQCLcBGAs/s400/DSC_0193.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-O51JjmMzML8/XUu2tPD2AkI/AAAAAAAAY-I/9f4nnIM7cvQdQDJUrw9Xu1Ewxgp6A9cbQCLcBGAs/s72-c/DSC_0193.jpg
beritaglobalnet
http://www.beritaglobal.net/2019/08/biru-langitku-hijau-bumiku-harapan.html
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/2019/08/biru-langitku-hijau-bumiku-harapan.html
true
2921465152236395144
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy