Terjadi Lagi!! Debt Collector Tarik Paksa Truk di JLS Salatiga, Salah Satunya Ngaku Polisi di Polres Salatiga

Budi, S.H., M.H., (berkaos merah) bersama klien, korban tarik paksa sejumlah Debt Collector di Jalan Lingkar Salatiga. (Foto: dok. istimew...

Budi, S.H., M.H., (berkaos merah) bersama klien, korban tarik paksa sejumlah Debt Collector di Jalan Lingkar Salatiga. (Foto: dok. istimewa/ASB)

Salatiga, beritaglobal.net - Masih maraknya peristiwa tarik paksa bagaikan begal di jalan - jalan utama Kota Salatiga, menjadi sorotan pemerhati kasus fidusia dari Kota Semarang yang juga seorang advokat, Budi, S.H., M.H., saat ditemui beritaglobal.net, Selasa (03/09/2019) malam.

Budi menyampaikan bahwa dirinya telah menangani kasus serupa yang terjadi di wilayah hukum Polres Salatiga untuk kali kedua.

"Ini untuk kedua kalinya menerima klien korban tarik paksa oleh deb collektor di wilayah Salatiga. Kasus sebelumnya saat ini sudah ditangani, meski awalnya sempat kesulitan, namun setelah kami koordinasi ke Polda Jateng kasus ini ditangani dan para pelaku sudah di tahan. Untuk itu saya mengapresiasi Polres Salatiga atas respon cepatnya dalam menangani laporan klien saya," jelas Budi.

Budi menceritakan kronologi kejadian yang menimpa kliennya warga Kota Semarang, Budi Cahyono (31), terjadi pada hari Rabu 29 Agustus 2019, saat  truk dikemudikan oleh Ulil, melaju dari Semarang menuju Klaten untuk mengambil pasir. Namun setiba di Jalan Lingkar Selatan Salatiga, di seputar lampu APIL wilayah Tingkir, Ulil dihadang mobil avanza warna silver berisi enam orang. Lalu selanjutnya enam orang tersebut turun dan bahkan beberapa orang mengaku sebagai anggota Polisi Polres Salatiga yang selanjutnya merampas mobil truk klien.

"Atas peristiwa tersebut saya mendatangi Asia Finance di Semarang, untuk musyawarah. Namun, pihak Asia Finance tidak menerima atas etika baik konsumen untuk membayar cicilan keterlambatan. Namun justru pihkanya meminta untuk dilunasi. Saat ini unit mobil truk yang ditarik berada ditempat pelelangan pool JBA Ngalian Semarang," jelas Budi.

Budi, S.H., M.H., lebih lanjut menyampaikan, terkait peristiwa yang menimpa klienya, akan melapor ke Polres Salatiga pada hari Kamis siang, 5 September 2019, "Akan melapor ke Polres Salatiga, Kamis ini," pungkas Budi.

Sementara itu, Ulil Albab (28) yang juga mendampingi Budi, S.H., M.H., menceritakan hal serupa, "Saat itu saya sedang melaju dari arah Semarang menuju Solo, setiba di lampu merah exit Jalan Lingkar Salatiga (wilayah Tingkir-red) tiba-tiba di hadang mobil avanza dan enam orang turun dari mobil langsung menghampiri saya. Saat itu enam orang langsung mematikan mesin mobil dan menyuruh saya keluar dari mobil dan berupaya meminta paksa mobil truk yang saya kemudi," kata Ulil Albab (28) sopir truk warga Semarang, kepada beritaglobal.net.

Setelah diminta paksa keluar dari dalam kemudi truk, salah satu debt collector memaksa untuk meminta kunci mobil. Saat itu debt collector mengatakan jika ia tidak menyerahkan mobil, maka akan bermasalah.

"Awalnya saya berusaha mempertahankan kunci mobil, dan saya sampaikan jika saya hanya kerja sebagai sopir. Saya tak telepon majikan saya dulu, namun handphone saya justru diminta. Namun mereka tetap memaksa minta kontak mobil, karena posisi saya seorang diri dan mereka enam orang maka saya kalah. Dan ditambah salah satu orang mengaku anggota reserse Polres Salatiga. Mendengar itu saya takut mas dan akhirnya kontak saya serahkan," jelas Ulil.

Ditambahkan Ulil, setelah kunci truk di bawa segerombolan orang yang diduga debt collector, saya di bawa ke depan ruko di wilayah Blotongan dan dimintai KTP, setelah itu di paksa untuk menandatangani surat yang di sodorkan oleh mereka.

"Saat diminta tanda tangan, saya sempat menolak dan meminta handphone saya yang mereka bawa, dengan maksud ingin menghubungi juragan saya. Tapi mereka tidak memperbolehkan. Mereka memberikan hanphone saya, namun saya dilarang untuk menghubungi juragan saya, karena ini bukan mobil saya, maka baiknya saya hubungi pemiliknya, namun perkataan saya tidak di hirau. Karena terus ditekan akhirnya saya menandatanginya," ungkap Ulil.

"Selanjutnya saya di bawa arah Semarang, setiba di Ungaran saya diturunkan dan dipindah ke mobil grab lalu diantar ke rumah mas Budi (Pemilik Truk)," terangnya.

Budi Cahyono (31), selaku pemilik truk warga Semarang, membenarkan terkait penarikan paksa tersebut. Pihaknya juga mengakui jika ada keterlambatan membayar angsuran. Namun sebelum itu juga telah berkoordinasi dengan pihak leasing jika dia secepatnya akan membayar keterlambatan angsuran. Namun tak selang lama justru unit truk miliknya dirampas di jalan oleh debt collector.

"Setelah mobil ditarik saya medatangi pihak Asia Finance dengan maksud ingin mencicil/membayar keterlambatan. Namun dari pihak Asia Finance tidak memperbolehkan dan hanya akan memberikan bak truk saja. Atas kejadian ini bersama kuasa hukum saya akan kami laporkan ke Polisi," jelasnya. (ASB/Red)

COMMENTS

Name

BERITA DAERAH,213,BERITA FOTO,8,BERITA KRIMINAL,69,BERITA NASIONAL,150,BISNIS,19,BREAKING NEWS,23,CERITA BERSAMBUNG,1,EKONOMI & KEUANGAN,6,FINANCE,16,HIBURAN,1,HUKUM,35,IBADAH,1,INFO LALIN,27,INFO LALIN LEBARAN,2,INFO MUDIK 2019,1,INSPIRASI USAHA,5,INTERNASIONAL,19,INVESTIGASI,3,KABAR KERETA API,8,KEDADEAN SENGKOLO,1,KESEHATAN,2,KEUANGAN,3,KOMODITAS,1,LELAYU,1,LIFESTYLE,104,LINGKUNGAN,9,LINGKUNGAN HIDUP,40,NEWS,1625,NGLENCER,1,OLAH RAGA,33,OPINI,6,PARIWISATA,17,PEMBANGUNAN,1,PEMERINTAHAN,20,PEMILU 2019,31,PENDIDIKAN,140,PERISTIWA,290,PILKADES,9,PLESIRAN,1,POLITIK,49,PRAKARYAN,1,PRALOYO,1,SAR,22,SELEB,4,SENI & BUDAYA,48,SERBA SERBI,9,SOSOK,4,SUARA KONSUMEN,1,SULIH WARTO,23,TNI & POLRI,348,TNI POLRI,103,TOKOH KITA,1,WISATA ALAM,17,
ltr
item
beritaglobalnet: Terjadi Lagi!! Debt Collector Tarik Paksa Truk di JLS Salatiga, Salah Satunya Ngaku Polisi di Polres Salatiga
Terjadi Lagi!! Debt Collector Tarik Paksa Truk di JLS Salatiga, Salah Satunya Ngaku Polisi di Polres Salatiga
https://1.bp.blogspot.com/-G77KXtXNfrY/XW-gKx9tNmI/AAAAAAAAfSo/f5ZYM1AA3KspsO9JveyesZ0GdsTnhb9LACLcBGAs/s400/IMG-20190904-WA0000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-G77KXtXNfrY/XW-gKx9tNmI/AAAAAAAAfSo/f5ZYM1AA3KspsO9JveyesZ0GdsTnhb9LACLcBGAs/s72-c/IMG-20190904-WA0000.jpg
beritaglobalnet
http://www.beritaglobal.net/2019/09/terjadi-lagi-debt-collector-tarik-paksa.html
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/2019/09/terjadi-lagi-debt-collector-tarik-paksa.html
true
2921465152236395144
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy