Dokumen HPS Tanpa Tanda Tangan PPKom Menjadi Biang Terungkapnya Penipuan Proyek Taman Sidomukti di Salatiga

Tersangka Agus Suseno alias Agus Mitra dengan tangan diborgol, saat gelar perkara di Polres Salatiga. (Foto: dok. istimewa/HRS) Salatig...

Tersangka Agus Suseno alias Agus Mitra dengan tangan diborgol, saat gelar perkara di Polres Salatiga. (Foto: dok. istimewa/HRS)

Salatiga, beritaglobal.net – Tipu muslihat yang dilakukan oleh Agus Suseno alias Agus Mitra terhadap Harry Raspati (51) warga Jalan Kanalsari Barat RT 03 RW 08, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada bulan Juni 2019 lalu, dengan nominal kerugian korban sebesar Rp 7.500.000,-, mengantar Agus Mitra untuk mendekam di sel tahanan Polres Salatiga.

Baca juga : Buntut Panangkapan AM, Kuasa Hukum AM Luruskan Fakta Lain Dari Hasil Pemeriksaan Polisi

Kasus yang menggiring Agus Mitra (47) warga Perum Bulu Permai RT 04 RW 06, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, hingga diringkus jajaran Satreskrim Polres Salatiga karena telah melakukan penipuan, berawal pada Kamis (20/6/2019) lalu sekitar pukul 18.17 WIB di Kafe Ole Jalan Tentara Pelajar, Salatiga. Pada intinya, saat itu tersangka menjanjikan kepada korban Harry jika tersangka sanggup untuk mengatur lelang dan dijamin jika Harry akan memenangkan lelang proyek pembangunan dan penataan RTH Taman Sidomukti, Kota Salatiga. Namun, memenangan proyek tersebut harus diikuti dengan “uang pelicin”. Hal tu disanggupi korban hingga korban menyerahkan uang sebesar Rp 7,5 juta rupiah.

Namun, setelah berjalannya waktu, ternyata apa yang tersangka janjikan kepada korban tidak ada kenyataan. Bahkan, uang yang sudah diterima tersangka juga sudah habis. Dari sini korban tetap menagih uang tersebut dan tersangka selalu berbelit. Akhirnya, korban yang sudah jengkel ini melaporkannya ke Polre Salatiga. Dari laporan tersebut petugas melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Dokumen HPS tanpa tanda tangan PPKom yang menjadi biang terungkapnya kasus penipuan proyek Taman Sidomukti. (Foto: dok. istimewa/HRS)
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., menyatakan, bahwa modus yang dijalankan tersangka ini semata - mata tersangka ingin mendapatkan uangnya. Setelah korban menyanggupi dan dijanjikan akan mendapatkan kemenangan dalam lelang proyek penataan pembangunan RTH Taman Sidomukti Tahun 2019, korban pun mengirimkan uang sebesar Rp 7,5 juta rupiah melalui E-banking.

Bukan kemenangan yang diperoleh korban, setelah uang dikirimkan ke tersangka Agus Mitra, justru korban kalah dalam lelang. Dan uang yang sudah diterima tersangka juga tidak dikembalikan. Dari sini, korban merasa jengkel dan ditipu tersangka, akhirnya kasus ini dilaporkan ke Polres Salatiga. Dari hasil penyelidikan, petugas berhasil meringkus Agus Mitra.

Menurut Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., modus tersangka ini tergolong “lihai” dan korban pun setelah uangnya tidak kembali, sadar telah menjadi korban penipuan. Selanjutnya, kasus ini dilaporkan ke Polres Salatiga. Akibat ulahnya itu, tersangka dijerat Pasal 378 KUHPidana tentang Penipuan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Barang bukti yang berhasil diamankan petugas dari tangan tersangka Agus Mitra adalah 1 bendel Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dengan kop surat Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang tanpa tanda tangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom). Lalu, 1 lembar bukti E-banking transfer ke rekening Agus Suseno tertanggal 20 Juni 2019 senilai Rp 7,5 juta, 4 buah masker warna hijau yang dipakai tersangka saat bertemu dengan korban, serta 1 bendel rekening koran tahapan BCA atas nama Harry Raspati maupun sepatu merk Buceri.

Dari sejumlah barang bukti (BB) yang diamankan itu, salah satunya 1 bendel HPS dengan kop surat DLH Pemkot Salatiga tanpa tanda tangan PPKom mengapa bisa keluar. Dari manakah dan siapakah yang sengaja mengeluarkan dokumen tersebut? Ini yang menjadi tanda tanya besar?

Sementara, dari pengakuan tersangka Agus Mitra bahwa dalam “permainan proyek” ini, dirinya tidak sendiri dan ada 4 orang. Masing-masing adalah Bowo, Anis, Eko serta sejumlah orang dari Tim Pokja. Bahkan, dirinya mengetahui jika ada proyek pembangunan tersebut adalah dari Hesti. Dan saat itu, tersangka sempat bertanya kepada Hesti apakah bisa menang lelang dan Hesti menjawab pasti bisa. Proyek pembangunan Taman Sidomukti itu dianggarkan sebesar Rp 6,8 miliar.

“Uang yang saya terima tersebut merupakan “uang hiburan” dan yang Rp 5 juta diterima Hesti, sedangkan yang Rp 2,5 juta, saya yang terima. Sebenarnya saya dengan Harry itu sudah saling kenal, namun karena Harry gagal memenangkan lelang itulah mungkin merasa jengkel. Akhirnya, kasus ini dilaporkan ke polisi. Untuk dokumen, saya mendapatkan dari Hesti,” tandas tersangka disela gelar perkara. (Heru Santoso/Red).

Baca juga : Diduga Catut Nama Walikota Salatiga Untuk Tender Proyek, Seorang Broker Proyek Berinisial AM Ditahan Polisi

COMMENTS

Name

BERITA DAERAH,213,BERITA FOTO,8,BERITA KRIMINAL,69,BERITA NASIONAL,150,BISNIS,19,BREAKING NEWS,23,CERITA BERSAMBUNG,1,EKONOMI & KEUANGAN,6,FINANCE,16,HIBURAN,1,HUKUM,35,IBADAH,1,INFO LALIN,27,INFO LALIN LEBARAN,2,INFO MUDIK 2019,1,INSPIRASI USAHA,5,INTERNASIONAL,19,INVESTIGASI,3,KABAR KERETA API,8,KEDADEAN SENGKOLO,1,KESEHATAN,2,KEUANGAN,3,KOMODITAS,1,LELAYU,1,LIFESTYLE,104,LINGKUNGAN,9,LINGKUNGAN HIDUP,40,NEWS,1625,NGLENCER,1,OLAH RAGA,33,OPINI,6,PARIWISATA,17,PEMBANGUNAN,1,PEMERINTAHAN,20,PEMILU 2019,31,PENDIDIKAN,140,PERISTIWA,290,PILKADES,9,PLESIRAN,1,POLITIK,49,PRAKARYAN,1,PRALOYO,1,SAR,22,SELEB,4,SENI & BUDAYA,48,SERBA SERBI,9,SOSOK,4,SUARA KONSUMEN,1,SULIH WARTO,23,TNI & POLRI,348,TNI POLRI,103,TOKOH KITA,1,WISATA ALAM,17,
ltr
item
beritaglobalnet: Dokumen HPS Tanpa Tanda Tangan PPKom Menjadi Biang Terungkapnya Penipuan Proyek Taman Sidomukti di Salatiga
Dokumen HPS Tanpa Tanda Tangan PPKom Menjadi Biang Terungkapnya Penipuan Proyek Taman Sidomukti di Salatiga
https://1.bp.blogspot.com/-I_K4W0sOmwo/XanvZ0HiFeI/AAAAAAAApZI/deLKnbVK-bk8_ZOC2i98Xx5DFbF9gWVJwCLcBGAsYHQ/s400/IMG-20191018-WA0139.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I_K4W0sOmwo/XanvZ0HiFeI/AAAAAAAApZI/deLKnbVK-bk8_ZOC2i98Xx5DFbF9gWVJwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191018-WA0139.jpg
beritaglobalnet
http://www.beritaglobal.net/2019/10/dokumen-hps-tanpa-tanda-tangan-ppkom.html
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/2019/10/dokumen-hps-tanpa-tanda-tangan-ppkom.html
true
2921465152236395144
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy