Ketua KPU Selayar Ingatkan Momentum Sumpah Pemuda Dalam Menjunjung Tinggi Nilai Persatuan dan Kesatuan

Nandar Jamaluddin, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar saat menjadi irup upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di kantor KPU Kabupaten K...

Nandar Jamaluddin, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar saat menjadi irup upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di kantor KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (28/10/2019). (Foto: dok. istimewa/FDS) 

Selayar, beritaglobal.net - Ikrar Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisasi dari semangat untuk menegaskan cita - cita dan eksistensi, berdirinya bangsa Indonesia. Terkait akan hal tersebut, pada hari Senin (28/10/2019), Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, memperingati rangkaian Sumpah Pemuda dengan tema “Bersatu Kita Maju”.

Komitmen ini, kemudian diinterpretasikan jajaran KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, lewat rangkaian peringatan Sumpah Pemuda dan pelaksanaan upacara, yang dipusatkan, di halaman, Kantor KPU Kepulauan Selayar, di Jalan Jenderal Achmad Yani, Benteng.

Bertindak selaku inspektur upacara, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin, S.Pd., M.Si., mengamanatkan, “Peringatan sumpah pemuda merupakan tonggak awal kebangkitan sejarah dan kesadaran pemuda, serta seluruh komponen rakyat Indonesia, guna bersatu padu, menyatakan sikap, dan komitmen bersama untuk bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan," ungkap Nandar.

Ditambahkannya, tema sentral rangkaian peringatan, sumpah pemuda tahun ini, hendaknya dapat dimaknai, sebagai sebuah bentuk ajakan, dan sekaligus motivasi bagi seluruh elemen bangsa Indonesia, tanpa terkecuali, untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai - nilai persatuan dan kesatuan.

Rangkaian peringatan sumpah pemuda yang setiap tahun diperingati secara seremonial, hendaknya tidak dimaknai sebagai sebuah pekerjaan melelahkan yang banyak menyita perhatian, energi, waktu, dan pemikiran.

Sebaliknya, kegiatan peringatan sumpah pemuda tahun ini, hendaknya dapat dimaknai sebagai sebuah momentum hari bersejarah yang banyak menyiratkan pesan penguatan nilai persatuan dan kesatuan, bagi seluruh komponen bangsa Indonesia.

KPU Profesional

Dalam konteks itu pula, KPU, selaku lembaga penyelenggara pemilu yang profesional dan senantiasa mengedepankan netralitas diharapkan dapat mengamalkan nilai- nilai peringatan sumpah pemuda dengan ‘menangkap’ pesan tersirat, pada ungkapan kata, penguatan bukan untuk penguatan, elemen bangsa Indonesia semata.

Akan tetapi sebaliknya, ungkapan kata - kata penguatan, hendaknya dapat dimaknai sebagai sebuah simbolisasi penguatan kelembagaan KPU, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, baik di tingkat nasional, dan tingkat kabupaten/kota.

Selaku lembaga penyelenggara pemilu yang mengedepankan netralitas dan profesionalisme kerja, jajaran Komisioner KPU diingatkan, untuk senantiasa mempertahankan dan memegang teguh integritas dan mengedepankan upaya penguatan karakter, serta kepribadian masing - masing.

Peningkatan karakter, kapasitas, disertai kapabilitas, kemampuan, dan kreativitas, serta kemandirian lembaga penyelenggara pemilu, memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagai sebuah indikator dalam rangka untuk menentukan tingkat kesuksesan dan keberhasilan penyelenggaraan sebuah rangkaian pemilihan.

Sejalan dengan hal tersebut, Nandar mengingatkan seluruh jajaran Komisioner dan pegawai di lingkungan internal sekretariat KPU Kepulauan Selayar untuk tidak berhenti berkreasi dan berinovasi, dalam rangka untuk menyonsong tahapan pendaftaran, bakal calon bupati, dan wakil bupati, Kepulauan Selayar, tahun 2020 mendatang.

"Menjelang perhelatan bursa pemilihan bakal calon bupati dan wakil bupati mendatang, jajaran Komisioner KPU akan semakin proporsional dan inspiratif dalam menghadapi segala bentuk halangan, tantangan dan rintangan, yang terkait secara langsung dengan rangkaian penyelenggaraan pemilu," imbuh Nandar.

Seiring dengan mulai masuk dan berjalannya tahapan penyelenggaraan Pilkada pemilihan bakal calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Selayar yang mulai berjalan efektif, pada hari Selasa (01/10/2019), Nandar mengingatkan seluruh jajaran komisioner untuk menjunjung tinggi nilai - nilai integritas, solidaritas, dan kekompakan sebagai modal dasar untuk tetap mampu bertahan dalam menghadapi segala macam bentuk situasi pra dan pasca pilkada. 

"Jajaran komisioner, saya ingatkan, untuk senantiasa mengedepankan etika, perilaku dan mempertahankan citra, serta marwah KPU, sebagai lembaga penyelenggara pemilu dengan menjaga sikap, kepribadian, dan sopan santun kepada seluruh lapisan stakeholder, masyarakat, dan komponen terkait lainnya," pungkas Nandar Jamaluddin, mengakhiri rangkaian amanatnya. (*)



Dilaporkan oleh: Fadly Syarif
Kontributor beritaglobal.net Kepulauan Selayar

COMMENTS

Name

BERITA DAERAH,214,BERITA FOTO,8,BERITA KRIMINAL,69,BERITA NASIONAL,150,BISNIS,19,BREAKING NEWS,23,CERITA BERSAMBUNG,1,EKONOMI & KEUANGAN,6,FINANCE,16,HIBURAN,1,HUKUM,35,IBADAH,1,INFO LALIN,27,INFO LALIN LEBARAN,2,INFO MUDIK 2019,1,INSPIRASI USAHA,5,INTERNASIONAL,19,INVESTIGASI,3,KABAR KERETA API,8,KEDADEAN SENGKOLO,1,KESEHATAN,2,KEUANGAN,3,KOMODITAS,1,LELAYU,1,LIFESTYLE,104,LINGKUNGAN,9,LINGKUNGAN HIDUP,40,NEWS,1626,NGLENCER,1,OLAH RAGA,33,OPINI,6,PARIWISATA,17,PEMBANGUNAN,1,PEMERINTAHAN,20,PEMILU 2019,31,PENDIDIKAN,140,PERISTIWA,290,PILKADES,9,PLESIRAN,1,POLITIK,49,PRAKARYAN,1,PRALOYO,1,SAR,22,SELEB,4,SENI & BUDAYA,48,SERBA SERBI,9,SOSOK,4,SUARA KONSUMEN,1,SULIH WARTO,23,TNI & POLRI,348,TNI POLRI,103,TOKOH KITA,1,WISATA ALAM,17,
ltr
item
beritaglobalnet: Ketua KPU Selayar Ingatkan Momentum Sumpah Pemuda Dalam Menjunjung Tinggi Nilai Persatuan dan Kesatuan
Ketua KPU Selayar Ingatkan Momentum Sumpah Pemuda Dalam Menjunjung Tinggi Nilai Persatuan dan Kesatuan
https://1.bp.blogspot.com/-wam5pj8J1Kg/XbhUUa3qRjI/AAAAAAAAqZ8/fQAoC7Yus_cD2w-8eAo6CWvIeCbTNQS-gCLcBGAsYHQ/s400/IMG-20191029-WA0092.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wam5pj8J1Kg/XbhUUa3qRjI/AAAAAAAAqZ8/fQAoC7Yus_cD2w-8eAo6CWvIeCbTNQS-gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191029-WA0092.jpg
beritaglobalnet
http://www.beritaglobal.net/2019/10/ketua-kpu-selayar-ingatkan-momentum.html
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/2019/10/ketua-kpu-selayar-ingatkan-momentum.html
true
2921465152236395144
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy