Presiden RI Joko Widodo Pimpin Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Prioritas Pariwisata

Presiden Jokowi didampingi Wapres KH. Ma’ruf Amin memimpin Ratas tentangan Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden...

Presiden Jokowi didampingi Wapres KH. Ma’ruf Amin memimpin Ratas tentangan Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). (Foto: dok. istimewa/RIZ)

Jakarta, beritaglobal.net - Pertumbuhan dan pengembangan pariwisata menjadi prioritas dalam strategi pembangunan Nasional. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, bahwa kita harus bergerak cepat dalam pengembangan destinasi prioritas pariwisata.

“Karena sudah kejar - kejaran dengan negara lain, dan sektor pariwisata harus menjadi motor bagi peningkatan devisa, menciptakan multplier effect yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar dalam Rapat Terbatas (Ratas) tentang Pengembangan Destinisi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019) siang.

Mengutip yang disampaikan dalam ratas - ratas sebelumnya, Presiden menegaskan 5 hal yang harus dibenahi dalam percepatan pengembangan destinasi.

Yang pertama, pengaturan tata ruang masih perlu ditata lagi untuk kawasan pariwisata prioritas. Yang kedua, akses atau konektivitas. Presiden memberikan contoh misalnya lebih Labuan Bajo yang nanti akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan Kementerian perhubungan yang diharapkan nanti selesai semuanya berhubungan memperpanjang run away mengembangkan memperbaiki terminalnya, membangun jalan akses menuju ke tempat - tempat wisatanya, termasuk juga memperbaiki kawasan baik itu pelabuhan maupun tempat - tempat untuk mempermudah wisatawan datang ke tujuan. Yang ketiga, yang berkaitan dengan event. Presiden mengaku melihat memiliki banyak materialnya banyak di daerah, tetapi untuk kemasan packaging-nya yang masih perlu dibenahi dan juga fasilitas - fasilitas yang mendukung ke arah itu perlu diperbaiki.

“Saya kira kita juga harus apa…sentuh masalah apa ini kostum pakaian adatnya, kemudian calendar of eventnya kemudian yang berkaitan dengan event besar atau annual event nya, saya kira ini banyak sekali,” ungkap Presiden.

Kemudian yang keempat, melakukan promosi pariwisata besar - besaran apabila yang disebutkannya sudah selesai. Yang tidak kalah pentingnya yang terakhir adalah penyiapan SDM yang mendukung sektor pariwisata. Untuk itu, Presiden berharap Mendikbud dalam hal ini SMK - SMK yang berada di lingkungan pariwisata mestinya lebih dititikberatkan ke arah dukungan sektor pariwisata ini.

“Dan juga yang terakhir saya lupa masalah kebersihan, ini tolong betul - betul dimulai oleh Kementerian yang terkait dengan ini urusan sampah, urusan plastik yang bertebaran di kawasan pariwisata benar - benar bisa diselesaikan,” kata Presiden Jokowi seraya menambahkan, mungkin kita konsentrasi dulu pada Labuan Bajo, Mandalika, Toba, Manado dan Borobudur.

Tampak hadir dalam ratas tersebut antara lain Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menhub Budi K. Sumadi, Mendag Agus Suparmanto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro, Menkominfo Johny G. Plate, Menkop & UKM Teten Masduki, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri LHK Siti Nurbaya, Mendikbud Nadiem Makarim, Menkes dr. Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.



Tanggapan Masyarakat

Menanggapi hasil rapat terbatas kabinet dan himbauan Presiden RI, Presiden Direktur Lembaga Advokasi Perlindungan Konsumen SIDAK melalui Sekretaris Jenderal M. Nuraeni menyampaikan bahwa apa yang telah menjadi ancangan pemerintah pusat, hendaknya dapat di implementasikan di tingkat daerah, bukan hanya daerah - daerah prioritas.

"Apa yang di jadi ancangan pemerintah pusat, seyogiyanya dapat diimplementasikan hingga ke daerah. Bukan hanya daerah yang menjadi prioritas nasional," ungkap Nuraeni saat ditemui beritaglobal.net di kantornya.

Namun ditambahkannya, bahwa keterlibatan semua pihak menjadi keharusan. Kesadaran masyarakat menjadi hal mutlak untuk meningkatkan potensi wilayahnya masing - masing dengan tetap menjaga kearifan budaya lokal, kelestarian lingkungan hidup dan juga kerukunan.

"Partisipasi aktif masyarakat adalah keniscayaan, namun tetap menonjolkan kearifan lokal, kelestarian lingkungan hidup dan memegang teguh semangat kerukunan dan gotong royong," pungkas M. Nuraeni. (Agus S/HMS)

COMMENTS

Name

BERITA DAERAH,215,BERITA FOTO,8,BERITA KRIMINAL,69,BERITA NASIONAL,153,BISNIS,19,BREAKING NEWS,23,CERITA BERSAMBUNG,1,EKONOMI & KEUANGAN,6,FINANCE,16,HIBURAN,1,HUKUM,36,IBADAH,1,INFO LALIN,27,INFO LALIN LEBARAN,2,INFO MUDIK 2019,1,INSPIRASI USAHA,5,INTERNASIONAL,19,INVESTIGASI,3,KABAR KERETA API,8,KEDADEAN SENGKOLO,1,KESEHATAN,2,KEUANGAN,3,KOMODITAS,1,LELAYU,1,LIFESTYLE,106,LINGKUNGAN,9,LINGKUNGAN HIDUP,42,NEWS,1655,NGLENCER,1,OLAH RAGA,33,OPINI,7,PARIWISATA,17,PEMBANGUNAN,1,PEMERINTAHAN,21,PEMILU 2019,31,PENDIDIKAN,142,PERISTIWA,298,PILKADES,9,PLESIRAN,1,POLITIK,50,PRAKARYAN,1,PRALOYO,1,SAR,22,SELEB,4,SENI & BUDAYA,48,SERBA SERBI,9,SOSOK,4,SUARA KONSUMEN,1,SULIH WARTO,23,TNI & POLRI,348,TNI POLRI,110,TOKOH KITA,1,WISATA ALAM,17,
ltr
item
beritaglobalnet: Presiden RI Joko Widodo Pimpin Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Prioritas Pariwisata
Presiden RI Joko Widodo Pimpin Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Prioritas Pariwisata
https://1.bp.blogspot.com/-bTbs5d3M07s/XdZnC7K_FZI/AAAAAAAAsSk/aGtavPFKIAwxbjxqIwpUgT8gcHPRR4CXwCLcBGAsYHQ/s400/IMG-20191121-WA0035.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bTbs5d3M07s/XdZnC7K_FZI/AAAAAAAAsSk/aGtavPFKIAwxbjxqIwpUgT8gcHPRR4CXwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191121-WA0035.jpg
beritaglobalnet
http://www.beritaglobal.net/2019/11/presiden-ri-joko-widodo-pimpin-rapat.html
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/
http://www.beritaglobal.net/2019/11/presiden-ri-joko-widodo-pimpin-rapat.html
true
2921465152236395144
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy