Thursday, September 21, 2017, 9/21/2017 12:58:00 PM WIB
Last Updated 2017-09-21T06:10:02Z
NEWS

Candi Borobudur Budaya Leluhur Nusantara Warisan Dunia

Advertisement
Salah Satu Sudut Candi Borobudur

Magelang, BeritaGlobal.net - Masih dalam rangkaian wisata budaya dan religi 1 Muharram 1439 Hijriah team BeritaGlobal.net (21/09). Team jelajah wisata BeritaGlobal.net mampir ke salah satu cagar budaya Nusantara yang di akui dunia, Candi Borobudur.
Menurut referensi yang ada di komplek museum, diperkirakan Borobudur dibangun sekitar tahun 800 masehi. Kurun waktu ini sesuai dengan kurun antara 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah, yang kala itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75 - 100 tahun lebih dan benar-benar dirampungkan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825 M.
Kessiana Turis Asal Belanda
Wawancara dengan seorang turis dari Belanda bernama Kessiana (27) mengatakan "saya sangat terkesan dengan budaya di Indonesia terutama dengan bangunan Candi Borobudur, dengan keberagaman agama dan sebagian besar warganya beragama Islam, keberadaan simbol agama lain masih terjaga dengan baik." Ditambahkan lagi olehnya "banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi selain Candi Borobudur, seperti kota Yogyakarta tempat dia tinggal dan berwisata selama dua minggu di Indonesia."
Ditambahkan wisatawan dari Batam bernama Zuni (30), "Sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia, menjaga dan melestarikan peninggalan leluhur serta mempertahankan kearifan lokal untuk generasi selanjutnya." (Sus/Agus)