Tuesday, October 17, 2017, 10/17/2017 04:10:00 AM WIB
Last Updated 2017-10-16T21:10:48Z
BERITA NASIONALNEWS

99 Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia Versi Globe Asia

Advertisement

Majalah Globe Asia edisi "99 Most Powerful Women 2017" (Globe Asia)


Jakarta, BeritaGlobal.net – Peran perempuan sangat besar dalam kemajuan peradaban di muka bumi.  Secara umum kita telah mengenal beberapa figur pahlawan perempuan dari berbagai daerah. Kartini, perempuan jawa yang memberikan inspirasi besar bagi emansipasi perempuan dalam berbagai sendi kehidupan.

Di era sekarang khususnya di Indonesia, siapa yang tidak mengenal sosok Megawati Sukarno Putri.  Simbol puncak emansipasi perempuan di Indonesia, Megawati Sukarno Putri adalah salah satu pemimpin partai paling berpengaruh. Dibawah kepemimpinannya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menjadi salah satu partai berpengaruh di Indonesia. Bersama PDI-P, Megawati menjadi Presiden ke lima RI dan menjadikannya Presiden perempuan pertama di Indonesia.
Globe Asia menempatkan Megawati Sukarno Putri sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia.  Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo, menempati urutan ke dua. Berikut adalah beberapa perempuan yang mampu mendorong perubahan di Indonesia:

1. Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri

Ketua umum partai berkuasa ini dianggap mampu mempertahankan kebinekaan Indonesia sesuai dengan prinsip Pancasila. Di partainya, penerus generasi Sukkarno ini adalah penentu terakhir dalam setiap perdebatan dan tidak ada anggota partai yang kuat tanpa kehadirannya.

2. Ibu Negara Iriana Widodo

Ibu negara Iriana selalu tampil sederhana dalam mendukung suaminya yang mendominasi panggung politik. Ibu tiga anak ini -Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu and Kaesang Pangarep- adalah simbol kesederhanaan, dedikasi dan kebijaksanaan. Iriana juga aktif mendorong industri kreatif dan isu-isu pendidikan dan kesehatan.

4. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani, sukses dalam menjalankan program amnesti pajak yang berakhir 31 Maret lalu. Meski mendapatkan kritik dari berbagai arah, Sri menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia masih mampu terus tumbuh dengan rasio utang terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) yang relatif rendah. Pernah menjabat sebagai Managing Director World Bank ini dianggap mampu menjadikan Kementerian Keuangan lebih akuntabel, profesional dan bertanggung jawab.

7. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Mengedepankan sisi kemanusiaan menjadikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mampu menyelesaikan krisis politik di Myanmar dan menjadikannya mahir dalam diplomasi dengan melanjutkan perjalanan ke Bangladesh, dimana lebih dari 300.000 warga Rohingya dibantai. Dia mampu membuka komunikasi antara Indonesia dan Myanmar untuk mendamaikan situasi. Saat semua situasi belum jelas, pemimpin Myanmar mendengar rekomendasinya. Retno diterima dengan baik juga di Bangladesh. Terlahir di Semarang, 27 November 1962, menyelesaikan ilmu hubungaan internasional di UGM tahun 1985.  Memulai karier diplomatiknya sebagai staff duta besar Belanda, Norwegia dan Islandia.

8. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Menteri Susi adalah figur paling populer dalam pemerintahan Joko Widodo. Ketegasannya terhadap penangkapan ikan ilegal, membuat Indonesia disegani negara lain sehingga sumber daya maritim Indonesia terlindungi. Kesuksesannya terlihat dari meningkatnya kesejahteraan nelayan dan angka produksi perikanan Indonesia.

11. Jurnalis Najwa Shihab

Najwa yang lahir di Makassar 16 September 1977 dikenal sebagai pembawa acara talk show populer Mata Najwa di Metro TV. Dia adalah putri dari ulama ternama dan mantan Menteri Agama Quraish Shihab. Najwa pernah mendapatkan penghargaan Best Talk Show di acara Panasonic Award 2015.

61. Noni Purnomo Pemilik Blue Bird Group

Noni berjuang lagi untuk mendapat peruntungan di moda transportasi taksi tradisional menjadi era digital dalam kemudahan berkendara. Di tangannya Blue Bird menjadi tulang punggung pertumbuhan perusahaan yang telah dibangun keluarganya 40 tahun lalu. Dalam membuat terobosan ke era digital deengan berkolaborasi dengan Go-Jek dalam mewujudkan MyBluebird, tujuannya adalah untuk menjaring pelanggan untuk meningkatkan pendapatan supir dan perusahaan. Perubahan ini didukung oleh regulasi pemerintah dalam sistem transportasi berbasis online. 

86. Penyanyi Raisa Andriana

Penyanyi berusia 27 tahun ini adalah salah satu penyanyi papan atas di Indonesia. Raisa menjadi tenar berkat albumnya pada tahun 2011. Penyanyi yang baru mematahkan hati para pria dengan menikahi aktor Hamish Daud baru-baru ini mendapatkan berbagai macam penghargaan, termasuk Penyanyi Terbaik Perempuan dan enam kategori lain di Anugerah Musik Indonesia (AMI). (Agus/Net)

Sumber: Globe Asia