Tuesday, October 3, 2017, 10/03/2017 11:31:00 PM WIB
Last Updated 2017-10-03T16:31:34Z
NEWSPENDIDIKAN

Mengenal Makhluk Hidup Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Advertisement
Siswa Siswi SD Lebah Putih Memberi Makan Sapi

Ungaran, BeritaGlobal.net – Sekolah selayaknya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak – anak dibawah usia 11 tahun atau masa sekolah dasar.  Kegiatan belajar mengajar dapat dikategorikan memberikan pemahaman dasar dan mencari bakat minat anak, sedini mungkin. 

School of Life Lebah Putih bertempat di Ngawen Kota Salatiga adalah salah satu sekolah yang menanamkan ke peserta didik, bahwa sekolah itu menyenangkan. Pada hari ini, Selasa 03 Oktober 2017 sekira pukul 08.30 WIB sampai selesai, diadakan kunjungan lapangan (fieldtrip) untuk kelas 1 (Stratus) dan kelas 2 (Alto Stratus) ke salah satu peternakan sapi perah di Dusun Piji Desa Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Dalam kunjungan lapangan tersebut sebanyak 39 anak didik dari 2 kelas dengan didampingi oleh 5 orang fasilitator (guru kelas), diharapkan siswa kelas 1 dan kelas 2 dapat mengerti tentang peternakan sapi perah, manfaat susu dan berkreasi membuat beberapa aplikasi produk dari susu.
Menurut Kak Laras (25) salah satu pendamping dalam kunjungan tersebut, “adek – adek dari kelas Stratus dan Alto Stratus sangat gembira dengan pengalaman pertama mereka, berinteraksi langsung tentang cara beternak sapi perah, serta melihat langsung bagaimana manfaat susu untuk produk seperti yogurt, sabun dari bahan baku susu.”

Supri (45) selaku pemilik peternakan merasa senang dengan kunjungan dari SD Lebah Putih, “baru pertama kali ini kami menerima kunjungan dari siswa sekolah dasar, dengan antusiasme yang tinggi dari anak – anak didik dan mereka sangat kritis dalam mengajukan pertanyaan seputar ternak sapi.”
Loly (8) salah satu siswi dari kelas Alto Stratus mengaku sangat gembira, “saya senang melihat sapi, baru sekali ini saya datang ke peternak sapi dan bisa memberi pakan langsung ke sapi disini.”

Metode ini adalah perpaduan antara teori dan praktek yang didapat peserta didik, terdapat interaksi dua arah aktif dalam setiap metode pembelajaran di SD Lebah Putih. Pengembangan potensi anak sejak dini dengan memberikan pengalaman langsung tentang berbagai aktifitas di kehidupan sehari – hari di sekitar kita, dapat memacu kreatifitas, imajinasi dan kemandirian. (Sus/Laras)

Editor: Agus S