Sunday, November 12, 2017, 11/12/2017 08:53:00 PM WIB
Last Updated 2017-11-12T13:53:37Z
NEWSWISATA ALAM

I' Ampelgading Homeland, Surga Baru Lereng Gunung Ungaran

Advertisement
Foto: Bupati Semarang Munjirin, Saat Menyerahkan Bibit Pohon Kepada Panitia I' Ampelgading Homeland

Ungaran, beritaglobal.net - Satu lagi destinasi wisata alam Desa Wisata Gendhol, I’ Ampelgading Homeland berada di Dusun Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, dibuka untuk umum, Sabtu (11/11/2017).

Selain I' Ampelgading Homeland, Kabupaten Semarang memiliki potensi yang menakjubkan di sektor wisata alam. Berbagai destinasi wisata alam menjadi daya tarik tersendiri, pemandangan Gunung Ungaran, kawasan Bandungan, Candi Gedongsongo maupun Rawa Pening.

Pecinta uji adrenalin maupun tantangan, wajib mencoba jalan menuju I’ Ampelgading Homeland. Jalan menyempit setelah kawasan wisata Bandungan, merupakan jalan menuju lokasi I' Ampelgading Homeland.

Perlu kewaspadaan dan kesigapan berkendara menuju lokasi, dikarenakan akses jalan masih sempit dan menanjak. Kurang lebih 30 menit, anda dapat mencapai lokasi dari kawasan wisata Bandungan. Sepanjang jalan, wisatawan dapat menikmati pula pemandangan hamparan kebun sayur dan bunga mawar.

Data diterima dari pengelola I' Ampelgading Homeland Pristiyono, saat ini pengunjung cukup membayar uang parkir. "Saat ini, pengunjung cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 rupiah. Kemudian di lokasi, wisatawan dapat melakukan swafoto di gardu pandang dengan melihat keindahan Rawa Pening dari bawah Gunung Ungaran ini,"  ungkap Pristiyono disela pembukaan I' Ampelgading Homeland.

Mulai Desember 2017, pengunjung akan dikenakan tarif, dengan besaran masih di bahas bersama pengelola Desa Kenteng.

“Sekarang ini untuk masuk cukup bayar parkir saja, tapi nantinya pengunjung akan dikenakan tarif. Kami ini masih terus berbenah, yang pasti kami menjual view alam,” lanjut Pristiyono.

Untuk lebih memberikan kesan pelestarian lingkungan, dalam pembukaan I' Ampelgading Homeland, pengelola melakukan aksi tanam 2.000 pohon di sekitar lokasi. Hiburan untuk lebih meriahnya pembukaan, disajikan pula pentas Kuda Lumping. Foto - foto selfie dengan latar belakang danau Rawa Pening.

Bupati Semarang Munjirin, sempat takjub dengan keindahan pemandangan alam lereng dan lembah di seputar Gunung Ungaran. “Saya juga agak kaget, teryata pandangan begini nggak kelihatan. Dari awal, saya nggak pernah ke sini. Saya salut, mudah-mudahan ini jangan berhenti di sini saja,” kata Bupati Semarang Mudjirin.

Informasi dihimpun, Bupati Semarang sudah mengetahui lokasi I' Ampelgading Homeland, namun belum mengetahui adanya akses menuju lokasi.
Pada kesempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Partono, mendukung sekali pengembangan kawasan Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, menjadi lokasi destinasi wisata baru di Kabupaten Semarang.

Lebih lanjut Partono menerangkan, “Keberadaan ini akan menambah potensi wisata di Kabupaten Semarang. Kemudian, nantinya akan tumbuh sektor perekonomian di masyarakat sekitar,” tuturnya.
Partono menjelaskan lebih lanjut, Kabupaten Semarang memiliki potensi alam luar biasa seperti kawasan Bandungan, ada di kawasan Tuntang, Ungaran, maupun lainnya. (BG-001)