Kembangkan Cabai Keriting dan Gorga, Kelompok Tani Mekar Sari Terima Bantuan Kementan 245 Juta Rupiah

Iklan Semua Halaman

Kembangkan Cabai Keriting dan Gorga, Kelompok Tani Mekar Sari Terima Bantuan Kementan 245 Juta Rupiah

Sunday, November 5, 2017
Foto: Penanaman Bibit Cabai Oleh Camat Pakis
H. M. Tuafik, S.H., M.H.

Magelang, beritaglobal.net - Kementrian Pertanian serius dalam mengembangkan pertanian di sekitar wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah dengan potensi tanaman pertanian lahan kering/tegalan.
Kelompok tani Mekar Sari Dusun Jerukan, Desa Jambewangi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, sebagai salah satu kelompok tani di Jawa Tengah yang beruntung mendapatkan bantuan dari Kementrian Pertanian.
Bantuan senilai 245 juta rupiah, dikucurkan kepada kelompok tani Mekar Sari, sebagai modal awal untuk penanaman cabai keriting dan gorga (lombok setan) di lahan pertanian kering lebih kurang seluas 7 hektar di seputar dusun Jerukan. Bantuan yang bersumber dari APBN tahun 2017, diserahkan secara simbolis oleh Camat Pakis H. M. Taufik, S.H., M.H., dilanjutkan dengan acara penanaman cabai perdana, Senin (06/11/2017).
Berdasar informasi diterima, hadir dalam agenda penanaman bibit cabai keriting dan gorga perdana ini Camat Pakis, H. M. Taufik, SH. MH didampingi kepala Desa Jambewangi dan dinas terkait dari Pemerintah Kabupaten Magelang.
Saat memberikan sambutan, Taufik menyampaikan, "Semoga adanya bantuan ini bisa menambah semangat bercocok tanam khususnya budidaya penanaman cabai, dan selanjutnya mampu meningkatkan kesejahteraan taraf hidup para petani di dusun ini (Jerukan)," harapnya.
Mekar Sari adalah kelompok tani yang beranggotakan petani di wilayah Dusun Jerukan, Desa Jambewangi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, berdiri sejak tahun 2005, kelompok tani Mekar Sari mengembangkan tanaman sayur, kopi dan tembakau.
Adapun bentuk bantuan dari Kementrian Pertanian yang didapat oleh kelompok tani Mekar Sari adalah berupa bahan dan barang seperti, bibit tanaman cabai dan gorga, plastik, sprayer dan peralatan pertanian lainnya dan telah disediakan oleh rekanan.
Dalam akhir sambutannya, Taufik menekankan, "Wilayah ini (Desa Jambewangi) memang sangat cocok untuk digunakan sebagai lahan penanaman cabai berjenis keriting dan gorga, sentra pertanian sayur mayur, tampak bisa tumbuh subur dengan baik di ladang atau tegalan," tegas Taufik. (Sus/Ady)


Editor: Redaksi beritaglobal.net