BPN ICI Jawa Tengah Gelar Lomba Karya Cipta Dan Baca Puisi Tingkat SLTA Se - Jawa Tengah -->

code ads

BPN ICI Jawa Tengah Gelar Lomba Karya Cipta Dan Baca Puisi Tingkat SLTA Se - Jawa Tengah

Wednesday, December 27, 2017
Salah satu peserta saat membacakan puisi

Ungaran, beritaglobal.net - Pendidikan tidak hanya di dapat di dalam ruang sekolah saja. Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Badan Pekerja Nasional (BPN) Indonesia Corruption Investigation (ICI), memberikan wahana bagi pelajar tingkat sekolah menengah atas dalam mengaktualisasikan kemampuan mencipta dan baca puisi, Rabu (27/12/2017).

Bertempat di Pusat Industri Kerajinan Kriya (PIKK) Provinsi Jawa Tengah, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, puncak final lomba cipta dan baca puisi diselenggarakan dan di hadiri oleh Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin ES, Sp.OG.,  beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Semarang. Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin ES, Sp.OG., menyampaikan apresiasinya kepada BPN ICI yang telah berperan aktif melakukan pencegahan korupsi dimulai dari pemahaman kepada siswa/siswi sekolah menengah atas, untuk lebih memberikan pemahaman korupsi sejak usia dini.

Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin ES, Sp., OG.

Selain Bupati Semarang, hadir pula perwakilan Aparat Penegak Hukum (APH) tingkat Provinsi Jawa Tangah, APH Kabupaten Semarang, APH Kota Salatiga, anggota DPRD Kabupaten Semarang dan siswa/siswi peserta lomba yang masuk nominasi final lomba kategori baca puisi dan pemenang lomba kategori karya cipta puisi dari sekolah menengah atas dan kejuruan se Jawa Tengah.

Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur LSM BPN ICI Jawa Tengah Dr. Krishna Djaya Darumurti, S.H., M.H., menyampaikan rasa takjubnya kepada LSM BPN ICI yang masih bisa menjalankan marwah organisasi dalam melakukan pencegahan tindak korupsi.

"Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat SLTA se - Jawa Tengah tahun 2017 dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi sedunia yang jatuh pada bulan Desember ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Krishna menyampaikan, "Setelah saya mengikuti seluruh kegiatan - kegiatan ICI, saya merasa takjub dengan kinerja rekan - rekan yang telah rela menjadi relawan anti korupsi di sela kesibukan dan pemenuhan kebutuhan hidup masing - masing pengurus ICI, sehingga saya memutuskan untuk bergabung dengan ICI, saya ucapkan selamat berlomba kepada seluruh finalis semoga acara hari ini berjalan lancar," tutupnya.

Setelah pembukaan oleh direktur ICI, diberikan ICI Award kepada anggota dewan teladan, kepala desa teladan dan kepala desa terpuji. Anggota dewan teladan diberikan kepada Asfariyanti Ratnaningsih, S.E., dari Partai PDI Perjuangan, kades teladan diberikan kepada Kepala Desa Sraten Rohmat, S.H., kades terpuji diberikan kepada Kades Suruh Latif Kurniawan, S.Ag.

Asfariyanti menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaannya menerima penghargaan dari ICI. "Saya mengucapkan terima kasih kepada ICI yang telah memberikan kontribusi dalam pencegahan korupsi dan saya merasa bangga atas penghargaan dan semoga amanah dalam menjalankan tugas selaku wakil rakyat," tutur Asfariyanti.

Selama berlangsungnya lomba baca puisi hari ini, keluar sebagai juara pertama adalah Ferizal Muhammad Irfan dengan nomor urut peserta 23 dari SMA N 1 Kendal, meraih nilai 965 dari dewan juri. Juara kedua dan ketiga berurutan diraih oleh Hapy Listya dari SMA N 1 Ngemplak Boyolali dengan nilai 956, Nur Maghfiroh dari SMK Bhakti Nusantara Boja dengan nilai 945.

Saat penyerahan trophy kepada juara lomba

Para juara dalam lomba Karya Cipta dan Baca Puisi tahun ini, BPN ICI memberikan trophy dan uang pembinaan kepada juara pertama hingga juara harapan tiga dari masing - masing kategori lomba.
Setelah selesai pengumuman pemenang lomba dan pembagian trophy kepada para juara, beritaglobal.net berkesempatan mewawancarai Ferizal.

Ferizal merasa sangat bersyukur keluar sebagai juara pertama dalam lomba ini, setelah persiapan lama dan menyeleksi beberapa hasil karyanya sendiri didampingi oleh salah satu guru pembina.

"Saya tidak mengira dapat menjadi juara pertama dan saya sangat bersyukur atas raihan ini karena semua finalis bagus - bagus, sebelumnya saya menjadi juara tiga lomba puisi LS2N tingkat Provinsi Jawa Tengah, saya berharap ke depan di adakan lomba - lomba lain seperti musik, dan lomba seni lainnya dapat dikembangkan," tutur Ferizal bangga.

Setelah sukses menyelenggarakan lomba puisi dua tahun berturut - turut, BPN ICI Jawa Tengah melalui ketua panitia lomba Shodiq, akan lebih meningkatkan kualitas lomba dan peserta. (AGS)