Monday, December 18, 2017, 12/18/2017 09:29:00 AM WIB
Last Updated 2017-12-18T02:29:19Z
NEWSTNI & POLRI

"Keluyuran Kamtibmas" Istilah Lain Safari Kamtibmas Ala Polres Magelang

Advertisement
Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, S.I.K, S.H., Saat Menyampaikan Pesan Tentang Kamtibmas di Gereja St. Yusuf Pekerja


Magelang, beritaglobal.net - Menjelang perayaan Natal 2017, jajaran Polres Magelang aktif melakukan Safari Kamtibmas.

Kapolres Magelang, memimpin langsung Safari Kamtibmas menjelang perayaan Natal 2017, Minggu (17/12/2017). Sekira pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB, Kapolres beserta jajaran Polres Magelang menyambangi Gereja Katholik St. Yusuf Pekerja.

Dalam kunjungan di Gereja Katholik St. Yusuf Pekerja, saat jeda Misa hari Minggu (17/12/2017), Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, S.I.K, S.H., menghimau kepada seluruh umat/jamaat untuk dapat berperan aktif dalam turut menjaga Kamtibmas di wilayah masing - masing.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komandan Koramil 11/Mertoyudan,  Kapten Arm Mashudi Pitoyo, pengurus gereja, beserta ratusan umat/jemaat Gereja St. Yusuf Pekerja.

Di dampingi oleh Romo Heru, dan Romo Widyoko, Kapolres memberikan sambutan kepada seluruh jemaat Gereja Katholik St. Yusuf Pekerja.

Kapolres Magelang, Danramil Mertoyudan beserta pengurus Gereja St. Yusuf Pekerja berdiskusi tentang persiapan pengamanan perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018 

"Atas nama Kepolisian dan selaku Kapolres Magelang, saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf telah mengganggu kegiatan ibadah/aktifitas jemaat gereja disini, agenda selaku pimpinan Polres Magelang mempunyai program yaitu "Keluyuran Kamtibmas" di semua agama dan salah satunya saat sekarang, saya mendatangi gereja ini untuk menyampaikan pesan kamtibmas," tutur Kapolres.

Himbauan lebih lanjut Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, S.I.K., S.H., mengenai hari Kamtibmas ada tiga pokok tugas, Penegakan dan Perlindungan Hukum, Pelayanan Masyarakat serta Pengayom masyarakat.

"Pada dasarnya orang yang ahli ibadah dipastikan baik, dan kami mengajak untuk menciptakan hari Kamtibmas. Dalam hal ini terdapat tiga pokok tugas, yang pertama adalah penegakaan dan perlindungan hukum, pelayanan dan pengayom masyarakat," jelasnya lebih lanjut.

Diterangkan Kapolres bahwa bantuan masyarakat kepada Polisi hanya sebatas memberikan informasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

"Kami membagikan nomor telepon genggam keseluruh jemaat yang hadir, saya berharap informasi yang disampaikan benar adanya serta khususnya masalah gangguan kamtibmas. Contohnya bila ada pencurian, mabuk - mabukan, pesta narkoba dan kejadian bencana alam. Beberapa hari kedepan menjelang perayaan natal dan tahun baru 2018, Polri bekerjasama dengan masyarakat, pengurus gereja dan umat beragama untuk melakukan antisipasi adanya kelompok - kelompok radikal yang ingin mengganggu keamanan," tegas Kapolres.

Secara terpisah, Kasubbag Humas Polres Magelang Ajun Komisaris Polisi (AKP) Santoso, menjelaskan kegiatan lanjutan "Keluyuran Kamtibmas" dan harapan Kapolres Magelang kepada beritaglobal.net.

"Selanjutnya Kapolres menyambangi Koramil Mertoyudan dan melakukan Foto bersama dengan anggota Koramil Mertoyudan, kemudian melanjutkan kegiatan ke Masjid An-Nurr Mungkid. Hal ini sudah menjadi agenda rutin akan adanya kegiatan "Keluyuran Kamtibmas" seperti sekarang ini, sehingga harapanya bisa menjaga keamanan, persatuan umat dan mewujudkan situasi kamtibmas semakin kondusif di Kabupaten Magelang. Akhirnya Kabupaten Magelang menjadi nyaman dan nyenengke serta Zero Terorisme dan Paham Radikal," pungkasnya. (Eko)