Masih Enggan Mengisi Penuh Tangki Kendaraan Anda? Coba Perhatikan Hal Ini.... -->

code ads

Masih Enggan Mengisi Penuh Tangki Kendaraan Anda? Coba Perhatikan Hal Ini....

Wednesday, December 27, 2017
Indikator Bahan Bakar

Ungaran, beritaglobal.net - Kiranya sering kebanyakan dari kita kurang menyadari pentingnya selalu mengisi penuh tangki bahan bakar kendaraan kita.

Bahkan, sering kita jumpai beberapa pengendara di jalan raya, kendaraan tumpangannya, mogok!! Karena bahan bakarnya habis alias kosong.
Akibat dari kebiasaan ini, berikut adalah dampaknya pada kendaraan Anda tercinta.

Kendaraan bisa mogok di tengah jalan bila tangki bahan bakarnya kosong. Endapan kotoran akan muncul, sehingga hal ini membuat saluran bahan bakar mudah tersendat.

Hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah, saat kondisi tangki BBM sebuah kendaraan dalam posisi E atau Empty maka di dalamnya terdapat udara. Bila di dalam tangki terdapat udara maka hal tersebut bisa jadi menimbulkan tangki bahan bakar mudah berkarat.

Uap atau udara di dalam tangki yang kosong bisa menjadi titik air. Karena itu, Anda tentu saja dianjurkan selalu mengisi BBM full pada tangki mobil untuk menghindari buruknya akibat tangki mobil kosong.

Saat titik - titik air tersebut bercampur dengan bahan bakar minyak, tentu saja akan berpengaruh pada kinerja pembakaran kendaraan Anda, mrnjadi tidak sempurna.

Seringkali kita rasakan kendaraan kita tenaganya menurun, orang jawa bilang 'nglepeh'. Karena terdapat residu korosi tangki bahan bakar yang mungkin sudah masuk dan menyumbat saluran bahan bakar.

Kemungkinan terburuk adalah kendaraan kita mogok ditengah jalan. Terlebih lagi bila kita semua terbiasa dengan mobil bermesin diesel.

Bila sering tangki mobil tidak terisi penuh, bahkan sering dalam kondisi hampir habis, mesin mobil akan bergetar atau  istilah para mekanik 'pincang RPM'.
Begitulah kira - kira beberapa akibat tangki mobil kosong. (AGS)

Sumber: Berbagai Sumber