Ada Tanah Longsor, Lalu Lintas Jalan Lingkar Kota Salatiga Menuju Kota Semarang Sedikit Terhambat -->

code ads

Ada Tanah Longsor, Lalu Lintas Jalan Lingkar Kota Salatiga Menuju Kota Semarang Sedikit Terhambat

Thursday, January 11, 2018
Lokasi Tanah Longsor Jalan Lingkar Kota Salatiga, Bendosari, Kelurahan Kumpul Rejo, Jumat (12/01/2018)

Salatiga, beritaglobal.net - Bencana tanah longsor kembali terjadi di sekitar wilayah Kota Salatiga, tepatnya di tepi Jalan Lingkar Salatiga di wilayah Bendosari, Kelurahan Kumpul Rejo, Jumat (12/01/2018).

Kejadian longsor diperkirakan terjadi sekira pukul 04.00 WIB pagi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol-PP Kota Salatiga Guntur Junanto, S., S.Tp., saat dikonfirmasi beritaglobal.net.

"Telah terjadi bencana tanah longsor di tepi Jalan Lingkar Kota Salatiga, kejadian diperkirakan pagi tadi sekitar pukul 04.00 WIB. Tanah longsor ini disebabkan tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Salatiga sejak kemarin (Kamis) siang hingga pagi ini. Tidak ada korban atas kejadian ini namun kondisi lalu lintas dari arah Solo sedikit terhambat karena proses evakuasi," ungkap Guntur.

Ditambahkan lebih lanjut bahwa pihaknya bekerja sama dengan Jajaran Polsek Argomulyo dan Satuan Lalu Lintas Polres Salatiga, telah melakukan penutupan sementara lalu lintas dari arah Solo ke Semarang selama evakuasi dan pembersihan badan jalan dari sisa material tanah, dengan rekayasa kontraflow lalu lintas.

"Selama proses evakuasi, kami bekerja sama dengan jajaran Polsek Argomulyo dan Satuan Lali Lintas Polres Salatiga, melakukan penutupan jalur dari Solo ke Semarang, selain itu penerapan rekayasa contraflow untuk lalu lintas kita terapkan selama proses evakuasi tanah dengan alat berat dan proses pemberishan badan jalan berlangsung," imbuhnya.

Proses Evakuasi Tanah dengan Alat Berat

Atas musibah ini Guntur menghimbau kepada seluruh warga Kota Salatiga, segera melaporkan ke Bidang Pemadam Kebakaran bila terjadi bencana serupa. Selain itu diharapkan warga Salatiga meningkatkan kewaspadaan pada wilayah yang berpotensi rawan bencana tanah longsor.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga Kota Salatiga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan pada wilayah sekitar tempat tinggalnya yang mempunyai potensi rawan bencana tanah longsor, bila terjadi bencana serupa atau kondisi darurat lain seperti kebakaran, dapat segera menghubungi kami di Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Pol-PP Kota Salatiga," pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan, proses evakuasi longsoran tanah dari badan jalan masih dilakukan menggunakan alat berat. (Agus S)