Dalam Kurun Waktu 4 Bulan Terakhir, 2 Kali Kejadian Dahan Pohon Patah Dan 1 Pohon Tumbang Dalam Satu Area, Ada Apakah Ini? -->

code ads

Dalam Kurun Waktu 4 Bulan Terakhir, 2 Kali Kejadian Dahan Pohon Patah Dan 1 Pohon Tumbang Dalam Satu Area, Ada Apakah Ini?

Saturday, January 20, 2018
Pohon Jenis Kiara Payung yang Tumbang, di tepi Lapangan Pancasila dekat dengan Pohon Beringin yang dahannya pernah patah 2 kali.

Salatiga, beritaglobal.net - Bagi korban tertimpa dahan pohon tumbang di seputar lapangan Pancasila Kota Salatiga beberapa bulan lalu, tentu masih ingat betul pada kejadian yang menimpanya.

Tercatat sejak pertengahan bulan Oktober 2017 hingga saat ini, telah terjadi 2 kejadian dahan pohon patah dan kini, Sabtu (20/01), sekira pukul 13.00 WIB, terdapat sebuah pohon jenis Kiara Payung, tumbang di seputar Lapangan Pancasila Kota Salatiga.

Pohon yang tumbang tepat berada di sisi barat laut Lapangan Pancasila Kota Salatiga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun situasi ini sempat membuat beberapa warga yang kebetulan ada di dekat pohon itu, kaget bukan kepalang.

Salah satu warga bernama Min (37), warga Gombong, Kebumen, Jawa Tengah mengatakan bahwa sekitar pukul 13.00 WIB, pohon yang berada di pojok sebelah barat tumbang dikarenakan akar sudah lapuk.

"Tadi saya lihat pohon tumbang ke arah tengah Lapangan Pancasila, kira - kira pukul 13.00 WIB, sepertinya karena akarnya telah lapuk, sehingga pohon tumbang dan saya jadi kaget, karena saat itu saya berada di dekat pohon tersebut," ujar Min.

Kejadian ini ditangani cepat oleh Sat Sabhara Polres Salatiga, anggota bhabinkamtibmas Polsek Sidomukti dan personil dari Satuan Polisi Pamong Praja Bidang Pemadam Kebakaran. Setelah memotong dahan pohon menjadi beberapa bagian, evakuasi dan pembersihan segera dilakukan.

Proses evakuasi dan pembersihan batang pohon yang tumbang

Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto saat dikonfirmasi perihal kejadian ini menyatakan bahwa pihaknya telah menurunkan anggota Bhabinkamtibmas dan berkordinasi dengan pihak Pemkot Salatiga guna mengevakuasi batang pohon dan melakukan pendataan korban.

"Saya sudah perintahkan bhabin untuk koordinasi dengan pihak terkait di Pemkot (Salatiga) untuk pangkas separo pohon - pohon yang ada di area lapangan Pancasila. Terutama di depan deretan kuliner sebelum jatuh korban jiwa, bulan lalu terdapat dahan pohon Beringin tumbang sudah menimpa kendaraan yang di parkir," ungkap Kapolsek.

Sementara Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kota Salatiga Guntur Junanto, S., Tp., membenarkan adanya laporan pohon tumbang dan mengatakan jika pemeliharaan pohon dibawah kewenangan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan Kota Salatiga.

"Terkait perawatan dan perapihan pohon - pohon ada di bawah kewenangan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan Kota Salatiga. Kami telah menurunkan tim guna mengevakuasi dan membersihkan area seputar lokasi pohon tumbang," tutur Guntur kepada beritaglobal.net.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan terkait detail perawatan dan rencana perapihan pohon dan taman dari Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan Kota Salatiga. (Agus S)


Berita terkait:

http://www.beritaglobal.net/2017/10/dahan-beringin-patah-beberapa-ruko.html

http://www.beritaglobal.net/2017/10/dahan-patah-lagi-beringin-besar-di.html