Hujan Deras Mengguyur, Dusun Krajan Terendam Luapan Air Sungai Tuntang

Iklan Semua Halaman

Hujan Deras Mengguyur, Dusun Krajan Terendam Luapan Air Sungai Tuntang

Friday, February 9, 2018
Proses pembersihan sampah sisa banjir luapan Sungai Tuntang di Dusun Krajan, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Ungaran, beritaglobal.net - Berawal dari terjadinya turun hujan sepanjang sore sampai malam hari Kamis (08/02/2018) kemarin, menyebabkan meluapnya air di sungai Tuntang. Hal ini disebabkan oleh tingginya debit air hujan yang masuk ke aliran sungai tersebut sehingga tidak dapat menampung volume air yang cukup tinggi, YANG MENGAKIBATKAN air sungai naik dan meluap melebihi tanggul penahan air.

Akibat luapan air tersebut sehingga menggenangi rumah warga yang berada di sekitar aliran sungai, adapun ketinggian air rata - rata setinggi 40 cm sampai 60 cm yang menggenangi ratusan rumah warga sebanyak yang terletak di Dusun Krajan, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Pada kesempatan pertama anggota Polsek Bawen yang terdiri dari anggota SPK dan Bhabinkamtibmas Desa Asinan melaksanakan pengecekan lokasi terjadinya luapan air tersebut, serta membantu warga masyarakat yang terkena musibah bersama dengan pihak BPBD Kabupaten Semarang menyalurkan bantuan logistik berupa mie instan dan air mineral.

Untuk membantu masyarakat yang mengalami musibah banjir maka pada pagi harinya kurang lebih sebanyak 18 personil Polsek Bawen yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Yulius Herlinda, S.H., M.H., meluncur ke Desa Asinan untuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial bersama masyarakat dan mahasiswa UPGRIS Semarang, bahu membahu membersihkan sekolahan, tempat Ibadah dan rumah penduduk dari kotoran dan sampah yang tebawa oleh banjir tersebut.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net Kapolsek Bawen AKP Yulinda (sapaan akrab) dari AKP Yulius Herlinda,  S.H., M.H., melalui Kasubag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi, menyampaikan turut prihatin atas terjadinya musibah banjir tersebut kepada warga masyarakat Desa Asinan serta menyampaikan kepada Kepala Desa Asinan sdr. Lilik Argo Lukito bahwa kegiatan tersebut dilakukan oleh anggota Polsek Bawen sebagai wujud kepedulian dan kecintaan Polri terhadap masyarakat, sehingga terjalin terjalin hubungan sinergi antara Polri dan masyarakat.

"Kami turut prihatin atas musibah banjir ini, yang kami lakukan adalah wujud kepedulian dan kecintaan Polri terhadap masyarakat, sehingga terjalin terjalin hubungan sinergi antara Polri dan masyarakat," ungkap AKP Teguh ke beritaglobal.net, Jumat (09/02/2018) malam.

Kapolsek Bawen berharap dengan terjalinnya hubungan baik antara Polri dan masyarakat sehingga dapat tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah kerjanya.

"Harapan kami, dengan terjalinnya hubungan baik antara Polri dan masyarakat, dapat tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Polsek Bawen," ungkap AKP Teguh.

AKP Teguh menyampaikan pula ucapan terima kasih Kepala Desa Asinan kepada jajaran Polsek Bawen.

"Pada kesempatan tersebut dari Kepala Desa Asinan Sdr. Lilik Argo Lukito, atas nama warga masyarakat menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Polri khususnya Polsek Bawen yang telah peduli membantu masyarakatnya yang terkena musibah," tutup AKP Teguh Susilo Hadi. (SRY)