Bukan Anggota Polri, Namun Peran Komunitas Supeltas Dalam Upaya Membantu Kelancaran Lalu Lintas Wajib Diacungi Jempol -->

code ads

Bukan Anggota Polri, Namun Peran Komunitas Supeltas Dalam Upaya Membantu Kelancaran Lalu Lintas Wajib Diacungi Jempol

Saturday, March 17, 2018
Bhabinkamtibmas Polsek Bawen AIPTU Heru Iskandar memberikan pelatihan gerakan dasar pengaturan lalu lintas kepada anggota komunitas Supeltas


Ungaran, beritaglobal.net –  Peran serta masyarakat dalam turut serta menjaga keamanan dan ketertiban menjadi perhatian khusus bagi institusi Polri, seperti yang dilakukan oleh Polsek Bawen Polres Semarang dalam membina dan mendidik para relawan dalam peran mereka menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bawen.

Diungkapkan oleh Kapolsek Bawen AKP Yulius Herlinda, S.H. M.H., kepada beritaglobal.net, Sabtu (17/3), "Pada setiap kesempatan saya selalu menekankan kepada anggota agar selalu menjalin hubungan dan komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Bawen," ungkap Kapolsek.

AKP Yulius Herlinda, S.H., M.H., memberikan contoh peran Bhabinkamtibmas di Kelurahan Bawen Aiptu Heru Iskandar melaksanakan kegiatan pelatihan terhadap komunitas Sukarelawan pengatur lalu lintas atau biasa disebut dengan Supeltas yang ada di wilayah Bawen, tidak kurang dari 20 orang anggota Supeltas mendapatkan pelatihan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Bawen, Sabtu (17/3), di lingkungan Ngancar, Kelurahan Bawen, Kabupaten Semarang.

Adapun meteri pelatihan meliputi gerakan dasar pengaturan lalu lintas, sikap dan penampilan, serta tekhnik mengatur lalu lintas.  Tujuan dari pelatihan kepada komunitas Supeltas tersebut agar dapat membantu dan mendukung peran Polri khususnya Satuan Lalu Lintas dalam tugas mengatur lalu lintas.

“Pada pelatihan yang kami berikan kepada komunitas Supeltas, diisi dengan materi gerakan dasar pengaturan lalu lintas, sikap dan penampilan, serta teknik mengatur lalu lintas, agar seluruh anggota komunitas Supeltas tersebut mempunyai kemampuan yang sama dalam membantu dan mendukung peran Polri khususnya Unit Lalu Lintas Polsek Bawen dalam tugas mengatur lalu lintas di wilayah hukum Polsek Bawen,” terang Kapolsek lebih rinci.

Pada akhir kegiatan, ketua komunitas Supeltas Bawen Wiryono menyampaikan terima kasih kepada Polres Semarang dan khususnya Polsek Bawen. "Saya selaku yang dituakan di komunitas Supeltas Bawen mengucapkan terima kasih kepada Polri, dan harapan dari kami dengan dilaksanakan kegiatan pelatihan  tersebut dapat diperoleh banyak manfaat untuk kami demi kelancaran dan ketertiban di masyarakat," ungkap Wiryono.

AIPTU Heru Iskandar berfoto bersama anggota Komunitas Supeltas seusai pelatihan

 Ditegaskan oleh Kapolsek Bawen, selain kegiatan pelatihan kepada komunitas Supeltas, dirinya memberikan instruksi kepada seluruh personil Bhabinkamtibmas Polsek Bawen, dalam melaksanakan kegiatan tugas Bhabinkamtibmas di lapangan betul -  betul dapat menjalin komunikasi dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun komunitas lain yang ada di wilayah hukum Polsek Bawen. (Slamet R/Pur)