Ditinggal Pergi Pemiliknya, Sebuah Rumah Nyaris Ludes Dilalap Api -->

code ads

Ditinggal Pergi Pemiliknya, Sebuah Rumah Nyaris Ludes Dilalap Api

Friday, March 23, 2018
Warga bahu membahu memadamkan api yang membakar rumah Riyadi Sugondo di Kelurahan Pringapus RT 01 RW 07, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang

Ungaran, beritaglobal.net - Sebuah rumah di lingkungan Wahyurejo RT 01 RW 07 Kelurahan Pringapus, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, terbakar saat ditinggal pergi pemiliknya, Jumat (23/3) petang.

Rumah milik Riyadi Sugondo (52), yang tak lain adalah Ketua RW setempat, diketahui terbakar oleh tetangganya sekira pukul 18.30 WIB. Adalah Taufik Hidayat (27), tetangga korban yang pertama kali melihat kepulan asap di bagian tengah rumah dan kemudian berteriak minta tolong kepada warga lainnya.

Seorang warga lain Tolkah Mansyur (42), berinisiatif menyiarkan kejadian tersebut melalui loud speaker masjid. Tak selang beberapa lama, puluhan warga berdatangan dan bahu - membahu memadamkan api dengan air di sekitar lokasi.

Menerima laporan warga, Polsek Bergas segera melakukan koordinasi dengan unit pemadam kebakaran dan segera menuju lokasi kebakaran. Sekira 45 menit dari pertama kali kebakaran diketahui, 3 unit mobil pemadam kebaran Kabupaten Semarang tiba dilokasi dan membantu proses pemadaman api. Sekira pukul 19.45 WIB, api berhasil dipadamkan dan kerusakan paling terlihat ada dibagian tengah rumah.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Jumat malam, Kapolsek Bergas AKP Winarno Panji Kusumo, S.H., M.H., membenarkan peristiwa kebakaran di rumah Riyadi Sugondo warga lingkungan Wahyurejo RT 01 RW 07 Kelurahan Pringapus, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang.

"Ya mas, terjadi kebakaran di wilayah Pringapus, tadi kejadian kurang lebih Pukul 18.30 WIB dan berhasil dipadamkan bersama - sama warga masyarakat, dengan bagian rumah yang mengalami kerusakan pada bagian tengah," ungkap Kapolsek Bergas.

Selanjutnya AKP Winarno Panji Kusumo, S.H., M.H., menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polsek Bergas untuk lebih berhati - hati saat meninggalkan rumah, selalu pastikan barang - barang elektronik, kompor yang sekiranya masih menyala. Selalu matikan terlebih dahulu dan jangan lupa pastikan pintu dan jendela dalam kondisi terkunci.

"Saya menghimbau kepada warga masyarakat, apabila akan meninggalkan rumah agar selalu cek barang - barang elektronik, kompor yang sekiranya masih menyala agar dimatikan dulu dan jangan lupa juga dengan pintu - pintu dan jendela rumah, dipastikan unruk di kunci," himbau AKP Winarno Panji Kusumo, S.H., M.H.

Dari hasil awal olah tempat kejadian, kebakaran di duga disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kerugian materi belum bisa ditentukan sehubungan dengan pemilik rumah belum kembali sampai saat api berhasil dipadamkan. (Agus S/Hum Res SMG)