Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Adakan Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1439 H/2018 M -->

code ads

Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Adakan Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1439 H/2018 M

Thursday, March 22, 2018
Jalannya Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1439 H/2018 M di Auditorium Kampus II Fakultas Syari'ah IAIN Salatiga

Salatiga, beritaglobal.net - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga menyelenggarakan acara dengan tema “Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1439 H/2018 M”, Rabu (21/03) pagi, di Auditorium Kampus II Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga narasumber yaitu Guru besar dan ahli falak IAIN Salatiga Prof. Dr. H. Zuhri, M.A., Drs. KH. Slamet Hambali, M. S.I., sebagai Ahli falak UIN Walisongo, Drs. Mutoha Arkanuddin, M. Pd., yang menjabat Ketua Ru’yatul Hilal Inddonesia. Bertindak sebagai moderator adalah Yusuf Khumaini S.H.I., M.H.

Acara dimulai dengan suara merdu ayat - ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Nia Wardah Mahasiswi Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga yang selanjutnya acara secara resmi dibuka oleh Dr. Agus Waluyo, S.Ag., Wakil Rektor I.

Dalam sambutannya Dr. Agus Waluyo, S.Ag., Wakil Rektor I menyampaikan, bahwa kegiatan ini di selenggarakan untuk memberikan inisiasi dan motivasi bagi semua untuk menentukan kapan satu Ramadhan itu tiba.

"Kegiatan ini di selenggarakan untuk memberikan inisiasi dan motivasi bagi semua untuk menentukan kapan satu Ramadhan itu tiba," ujar Dr. Agus Waluyo.

Sebelum itu Dekan Fakultas Syari’ah Dr. Siti Zumrotun, M. Ag., juga menyampaikan, "lokakarya ini sebagai kegiatan tahunan sebagai sebuah bentuk dari pengabdian ilmiah yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai informasi penetuan awal bulan ramadhan,” ucap Siti Zumrotun dalam sambutanya.

Drs. KH. Slamet Hambali, M. S.I., Pada materi pemaparan menyampaikan bahwa Ramadhan 1439 H akan jatuh hari Kamis Pahing (17/05), dengan dasar ijtima' ahir Syakban 1439 H terjadi hari Selasa Kliwon (15/05), sekira pukul 18.50 WIB (pukul 11:50:28 GMT) dan matahari terbenam dari menara Al - Husna MAJT terjadi pukul 17:30 WIB. Walaupun demikian kita tetap menunggu keputusan Pemerintah RI melalui sidang Isbat yang akan dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon (15/05), setelah Shalat Magrib.

Puluhan undangan dari mahasiswa, instansi pemerintah hingga organisasi masyarakat juga hadir dalam acara ini. Antusias terlihat ketika banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh audiens kepada narasumber, terlebih ketiga narasumber tersebut memberikan ulasan ringkas dan pengetahuan yang sangat menarik tentang bulan Romadhon. (Nurrun)