Fenomena Kejadian Pembegalan, Kapolsek Ungaran Undang Masyarakat dan Mitra Kamtibmas di Warung Kucingan -->

code ads

Fenomena Kejadian Pembegalan, Kapolsek Ungaran Undang Masyarakat dan Mitra Kamtibmas di Warung Kucingan

Saturday, March 17, 2018
Kapolsek Ungaran Kompol Moh Aslam, S.H., M.Si., saat menjadi pembicara dalam acara "Ngobrol Bareng di Warung Kucingan" mendiskusikan fenomena kejadian pembegalan

Ungaran, beritaglobal.net – Fenomena tindakan pembegalan, menjadikan masyarakat resah dan merasa was – was dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Mengantisipasi hal tersebut, Kapolsek Ungaran Kompol Moh Aslam, S.H., M.Si., beserta Panit I Unit Binmas Polsek Ungaran Aiptu Dwi Jani Kurniawan, S.H., Panit II Unit Reskrim Polsek Ungaran Ipda Sakti Hermawan, S.H., mengundang mitra kamtibmas, Bankom Ungaran dan ratusan masyarakat Ungaran untuk melakukan diskusi bertema “Ngobrol Bareng di Warung Kucingan”, Jumat (16/3) malam.

Acara ngobrol bareng yang dilangsungkan di Komplek Alun - Alun Bung Karno Kalirejo Ungaran Timur dalam rangka Festival Kuliner Kabupaten Semarang 2018 dalam rangkaian peringatan HUT Kabupaten Semarang ke - 497. Diskusi yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB hingga pukul 20.40 WIB tadi malam, berjalan dengan lancar dan terjadi dialog interaktif antara masyarakat dengan Kapolsek beserta jajaran Polsek Ungaran.

Disela – sela diskusi, muncul pertanyaan dari seorang pengunjung bernama Wiyono yang menanyakan bagaimana bila terjadi peristiwa pembegalan dan begal dapat di tangkap oleh masyarakat, kemana warga harus melaporkan dan kepada siapa laporan tersebut dan apabila terjadi penganiayaan terhadap pelaku oleh warga masyarakat.

”Perkenalkan nama saya Wiyono, Pak Kapolsek, bila terjadi peristiwa pembegalan dan kemudian begal dapat ditangkap oleh warga, kemana warga harus melapor dan kepada siapa? Serta bagaiman bila masa marah dan menganiaya pelaku pembegalan?” Tanya Wiyono kepada Kapolsek Ungaran.

Kapolsek Ungaran dengan ramah menjawab pertanyaan dari Wiyono tersebut, “Apabila masyarakat menemukan atau menangkap tangan pelaku begal  jangan di massa  tapi silahkan di amankan dan segera hubungi Kantor Polsek Ungaran di nomor telephon (024) 6921110 atau dengan saya langsung selaku Kapolsek Ungaran dengan nomor hand phone 081326701365,” jawab Kapolsek Ungaran dan disambut tepuk tangan masyarakat.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Sabtu (17/3) sore, Kapolsek Ungaran Kompol Moh Aslam, S.H., M.Si., menyampaikan harapan dari terselenggaranya komunikasi langsung dengan masyarakat dan menyampaikan program – program Polsek Ungaran untuk peningkatan keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya di wilayah hukum Polsek Ungaran.

"Saya harap dengan acara ini dapat menciptakan situasi yang aman kondusif di wilayah Ungaran menjadi tanggung jawab kita bersama. Polri yg di kedepankan di harapkan masyarakat membantu memberikan info terkait dengan adanya tindak pidana, selain itu masyarakat diharapkan semakin peduli terhadap gejala atau adanya tindak pidana ataupun orang - orang yang berniat jahat," harap Kompol Moh Aslam.

Adapun program peningkatan kamtibmas disampaikan Kapolsek Ungaran adalah, "Polri bersama masyarakat menciptakan pam swakarsa di wil yang rawan kejahatan 3 C, dan membentuk  masyarakat Pokdar kamtibmas di setiap kelurahan ataupun pedesaan," tandas Kapolsek Ungaran. (Agus S/Raja)