Naga Kuning Terbang, Meriahkan Peringatan Cap Go Meh di Klentheng Hok Tek Bio -->

code ads

Naga Kuning Terbang, Meriahkan Peringatan Cap Go Meh di Klentheng Hok Tek Bio

Friday, March 2, 2018
Peringatan Cap Go Meh di Klentheng Hok Tek Bio Salatiga dan sepanjang Jalan Sukowati Kota Salatiga

Salatiga, beritaglobal.net – Peringatan Cap Go Meh 2569 Kongzili tahun ini, diperingati cukup meriah di pelataran klentheng Hok Tek Bio Kota Salatiga, Jumat (2/3).  Liukan replika naga terbang dan tari barongsai menambah suasana peringatan Cap Go Meh menandakan kesenian lama peninggalan para leluhur masih dilestarikan dengan baik.

Pelataran Klentheng Hok Tek Bio dan sepanjang Jalan Sukowati Kota Salatiga menjadi riuh oleh banyaknya penonton yang hendak menyaksikan pertunjukan barongsai dan liong.  Liong atau replika naga yang dimainkan oleh belasan pemuda dan meliuk – liuk di udara seperti seekor naga yang sedang terbang, menjadi daya tarik tersendiri dipadukan dengan tarian barongsai yang menggambarkan seekor singa dengan dimainkan oleh 2 orang penari.

Peringatan Cap Go Meh dipimpin langsung oleh ketua umat Tri Darma Kota Salatiga, Liem Eng Tong dan Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan yang dalam hal ini diwakili oleh Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto, diberi kesempatan oleh seluruh umat Tri Darma Kota Salatiga untuk membuka acara peringatan Cap Go Meh.

Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto menyulut petasan saat pembukaan peringatan Cap Go Meh

Kepada beritaglobal.net, Jumat (2/3) sore, Kapolsek mengatakan bahwa dalam acara pembukaan yang ditandai dengan menyalakan rangkaian petasan menjadi warna tersendiri untuk meriahnya acara, dalam sambutan singkatnya Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto memberikan apresiasinya bahwa kesenian barongsai dan liong masih dilestarikan oleh saudara – saudara kita dari etnis Tionghoa dari dahulu hingga masa sekarang.  Polres Salatiga memberikan pengawalan keamanan sepenuhnya selama rangkaian acara peringatan Cap Go Meh berlangsung.

“Tadi sewaktu membuka acara ditandai dengan menyalakan rangkaian petasan, selain itu Kapolres juga menyampaikan apresiasinya atas masih dilestarikannya kesenian barongsai dan lion oleh saudara – saudara kita dari etnis Tionghoa.  Polres Salatiga berkomitmen untuk menjaga semua aktifitas peribadatan umat beragama di Kota Salatiga dan memberikan pengawalan keamanan selama acara ini (Peringatan Cap Go Meh) berlangsung,” tutur Kompol Arif Haryanto.



Secara terpisah Liem Eng Tong juga menyampaikan sedikit makna dari kesenian barongsai dan liong adalah wujud manifestasi dari cara untuk menolak energi kotor yang mungkin bisa ada di setiap umat manusia, selain dari pada itu kesenian barongsai dan liong juga untuk memberi hiburan kepada masyarakat di Kota Salatiga dan sekitarnya. 


Pada peringatan Cap Go Meh tahun ini, selain Klentheng Hok Tek Bio dan sepanjang Jalan Sukowati yang dimeriahkan oleh rangkaian lampu lampion tampak di beberapa sudut kota Salatiga dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, dihias oleh Lampu Lampion warna merah, hal ini menambah meriah peringatan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh di Kota Salatiga. (Slamet R)