Wednesday, April 25, 2018, 4/25/2018 11:08:00 PM WIB
Last Updated 2018-04-25T16:08:01Z
BERITA DAERAHNEWSPERISTIWA

Kali Erang Meluap Lalu Lintas Kota Bumiayu Lumpuh Total

Advertisement
Penampakan sebuah jembatan yang putus akibat derasnya arus luapan Kali Erang

Brebes, beritaglobal.net - Kali Erang yang terletak di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes meluap, Rabu (25/04/2018), sekira pukul 16.18 WIB.

Meluapnya Kali Erang dikarenakan hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Bumiayu sejak pukul 11.23 WIB. Selain merobohkan jembatan penghubung Blok Lapangan Pandawa dengan pesantren di Desa Kalierang, banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas di dalam kota Bumiayu lumpuh total.

Buruknya sistem drainase dan masuknya sampah yang terbawa arus ke dalam saluran pembuangan air disekitar pasar diduga sebagai penyebab parahnya luberan air dari Kali Erang.

Disampaikan Edy Wahono selaku anggota Dewan Sumber Daya Air Propinsi Jawa Tengah, kepada beritaglobal.net, Rabu (25/04/2018) malam, sedikitnya terdapat 3 desa yang terdampak cukup parah dari luapan Kali Erang.

"Ada 3 desa yang terdampak cukup parah. Pertama adalah Desa Kalierang Blok Pasar, ketinggian airnya mencapai 70 cm, lalu Desa Laren yang ketinggian airnya sekitar 60 cm dan yang paling parah adalah Desa Kalierang Blok Majapahit, dimana ketinggian air mencapai 80 cm," tutur Edy.

Lebih lanjut Edy menyampaikan, "Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah berupa 1 unit mobil, 3 unit sepeda motor, 1 unit becak dan beberapa bangunan yang ada di bantaran kali yang ikut hanyut," tandas Edy.

Hingga berita ini diturunkan, upaya evakuasi dan pendataan masih dilakukan pemerintah Kabupaten Brebes. (FMA/ASB)