TOMIRA ZAP: Toko Milik Rakyat Sebagai Wujud Geliat Ekonomi di Desa Sendang -->

code ads

TOMIRA ZAP: Toko Milik Rakyat Sebagai Wujud Geliat Ekonomi di Desa Sendang

Wednesday, April 18, 2018
Ibu Rifatun memamerkan produk lokal di salah satu rak produk Tomira ZAP, selain menawarkan produk pabrikan dengan harga lebih murah dari harga di pasar di wilayah Kecamatan Bringin

Ungaran, beritaglobal.net - Upaya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa, menjadi terobosan pemerintahan Desa Sendang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang.

TOMIRA ZAP atau Toko Milik Rakyat ZAP milik Rifatun (36), di Jalan Sultan Agung No. 170 Desa Sendang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang adalah salah satu tempat untuk warga Desa Sendang memasarkan produk lokal dari hasil industri rumah tangga (Home Industry).

Dikatakan Rifatun, bahwa Tomira ZAP menerima produk - produk hasil olahan industri rumah tangga dari sekitar Desa Sendang, dan setiap hari Sabtu dan Minggu, Tomira ZAP menawarkan program khusus penjualan sembako murah.

"Kami menerima produk - produk hasil olahan industri rumah tangga dari sekitar Desa Sendang dan setiap hari Sabtu dan Minggu, di Tomira ZAP menawarkan program khusus penjualan sembako murah," ungkap Rifatun kepada beritaglobal.net, Selasa (17/4/2018).

Antok Gontok, seorang warga sekitar Tomira ZAP sangat senang dengan adanya Tomira ZAP. Dirinya mengaku senang dengan adanya Tomira ZAP, karena selain buka hingga malam hari, konsep toko modern dengan harga dibawah pasar tradisional, seperti halnya harga sembako harganya masih dibawah harga sembako di Pasar Klengkeng Bringin.

"Saya senang dengan adanya Tomira ZAP, karena selain buka hingga malam hari, konsep toko modern dengan harga dibawah pasar tradisional, contohnya saat saya mengantar istri belanja sembako, harganya (sembako) masih dibawah harga sembako di Pasar Klengkeng Bringin," ujar Antok di halaman rumah warga.

Kepala Desa Sendang, Samsudin saat memaparkan program - program pemberdayaan masyarakat Desa Sendang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang

Sementara itu ditemui di ruang kerjanya di Balai Desa Sendang, Samsudin (45) sebagai Kades Sendang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang mengungkapkan bahwa Tomira ZAP adalah upaya pemerintahannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menyediakan sarana untuk warga di desanya dapat menawarkan produk - produk hasil kreatifitas mereka, dan mencanangkan program 'Belanja di Tetangga Sendiri'.

"Tomira ZAP adalah salah satu upaya pemerintahannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menyediakan sarana kepada seluruh warga Desa Sendang dalam menawarkan seluruh produk dari hasil kreatifitas warga dan saya harapkan dengan adanya pencanangan program 'Belanja di Tetangga Sendiri', taraf perekonomian masyarakat di Desa Sendang dapat meningkat,"  ungkap Samsudin. (Rud/Red)