Diduga Hubungan Pendek Arus Listrik, Gudang Toserba Roma di Salatiga Terbakar

code ads


Diduga Hubungan Pendek Arus Listrik, Gudang Toserba Roma di Salatiga Terbakar

Wednesday, May 2, 2018
Proses pemadaman api di gudang lantai 4 Toserba Roma, oleh regu Pemadam Kebakaran Kota Salatiga. (Foto Dok. Polsek Sidomukti)

Salatiga, beritaglobal.net - Kebakaran melanda gudang di lantai 4 Toserba Roma, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Rabu (02/05/2018) petang.

Berdasarkan konfirmasi beritaglobal.net kepada Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto, sekira Pkl 17.00 WIB dua orang karyawan APM dan BPT, naik ke gudang lantai 4 Toserba Roma menggunakan lift  untuk menata kardus. Setelah mereka selesai menata kardus, sekira pukul 18.00 WIB, APM meninggalkan gudang dan mematikan saklar lampu namun terdapat percikan api di saklar.

"Awalnya sekitar pukul 17.00 WIB, dua orang karyawan Toserba Roma naik ke gudang di lantai 4 untuk menata kardus, selsesai menata kardus sekitar pukul 18.00 WIB, saudara APM kemudian mematikan saklar lampu, namun muncul percikan api di saklar tersebut," kata Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto.

Dilanjutkan oleh Kapolsek, sekira pukul 18.30 WIB, APM mendengar suara gemuruh di lantai 4, selanjutnya ia dan BPT, beserta karyawan Toserba Roma lainnya ikut naik ke lantai 4 dan melihat kobaran api di tempat gudang kardus. Selanjutnya APM, BPT, beserta karyawan lain berusaha memadamkan api dengan menggunakan air yang ada di penampungan serta menghubungi pihak kepolisian.

Beberapa warga dan karyawan Toserba Roma terlihat ikut dalam proses pemadaman api. (Foto Dok. Polsek Sidomukti)

Kurang lebih pukul 18.30 WIB, petugas pemadam kebakaran datang setelah menerima kontak adanya kebakaran di Toserba Roma dari Polsek Sidomukti dan Polres Salatiga. Berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran Kota Salatiga, api berhasil dipadamkan sekira Pkl 20.00 WIB.

Dari peristiwa ini membuat panik penghuni ruko di sekitar Toserba Roma, salah satu tetangga Toserba Roma yang engggan disebut namanya mengatakan bahwa dia sempat panik saat di hubungi keluarganya bahwa gudang Toserba Roma terbakar, karena posisinya saat itu sedang diluar kota, ia memutuskan untuk segera pulang dan memastikan rumah dan tempat usahanya aman.

"Saya sempat kaget mas, saat tadi masih diluar kota dihubungi oleh keluarga saya bahwa gudang Toserba Roma terbakar, saya buru - buru pulang untuk memastikan kondisi keluarga dan rumah saya aman," tutur warga sekitar Toserba Roma.

Saat ini pihak kepolisian dari Polsek Sidomukti dan Polres Salatiga telah memasang garis polisi di gudang yang terbakar untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Diinformasikan lebih lanjut oleh Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto, "Berdasarkan pemeriksaan awal, letak saklar yang diduga mengalami hubungan arus pendek dan memercikkan api berdekatan dengan peletakan rak kayu yang berisi lampu bekas, mainan plastik anak - anak dan kardus. Sehingga dimungkinkan terjadinya kebakaran, timbul dari percikan api yang ada di saklar listrik tersebut dan barang - barang yang ada di gudang mudah terbakar," tandas Kapolsek Sidomukti Polres Salatiga.

Atas peristiwa kebakaran di gudang Toserba Roma, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil di perkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Sementara itu, manajemen Toserba Roma belum bisa dikonfirmasi. (ASB/Red)