Pelantikan Perangkat Desa Tak Biasa, Desa Kradenan Mengusung Konsep Lingkungan

code ads


Pelantikan Perangkat Desa Tak Biasa, Desa Kradenan Mengusung Konsep Lingkungan

Saturday, May 5, 2018
Perangkat Desa Kradenan yang baru dilantik berfoto bersama

Klaten, beritaglobal.net - Pelantikan perangkat desa pada umumnya adalah dengan acara seremonial protokoler khas birokrasi. Namun nuansa berbeda dan unik, terjadi pada pelantikan perangkat Desa Kradenan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Sabtu (5/5/2018).

Bertempat di Embung Desa Kradenan Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, dilakukan pelantikan sejumlah perangkat desa dengan mengusung konsep peduli lingkungan. Acara pelantikan perangkat desa yang dimulai sekira pukul 09.30 WIB hingga sekira pukul 11.30 WIB, dihadiri oleh Camat Trucuk, Kapolres Klaten, Danramil Trucuk, BPD Desa Kradenan, seluruh ketua RT dan ketua RW se Desa Kradenan, LMPD, serta ratusan tamu undangan dari tokoh agama dan juga tokoh masyarakat setempat beserta keluarga.

Sejumlah perangkat desa yang dilantik adalah Rina Wahyuni, S.Pd., sebagai Kaur Keuangan, Ina Putri S, S.Pi., sebagai Kaur Umum dan Perencanaan, M. Bahtiar Effendi, S.H., sebagai Kasi Pemerintahan dan Eko Utomo, A.Md., sebagai Kasi Kesra.

Menurut data diterima beritaglobal.net, Minggu (06/05/2018) pagi dari Camat Trucuk Bambang Haryoko, S. Sos., M. M., nuansa lingkungan yang diusung dalam acara pelantikan dimaksudkan agar para perangkat desa dapat menyatu dengan alam dan masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Bambang Haryoko, S. Sos., M.M., camat Trucuk sebagai perintis komunitas relawan Jogoboyo Trucuk sekaligus penggagas konsep pelantikan ini.

Proses pelantikan perangkat Desa Kradenan di dalam embung Desa, unik dan menyatu dengan alam

"Perangkat desa adalah pelayan dan sahabat petani maka harus dekat dengan alam dan menyapa alam supaya berfungsi seperti yang seharusnya. Apalagi di Trucuk ini sebagian besar penduduknya adalah petani dan embung merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan petani." ungkap Bambang Haryoko, S. Sos., M. M.

Ungkapan senada dengan camat Trucuk, disampaikan oleh Sahono selaku panitia acara yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Kradenan, sekaligus sebagai Ketua Relawan Jogoboyo.

"Kami berharap agar perangkat desa menyatu dengan alam karena alam adalah penghidupan kita. Alam yang akan memberikan kekuatan untuk mengabdi kepada masyarakat. Karena itu pak camat, saya dan teman teman relawan membikin konsep - konsep seperti ini. Alhamdulillah, luar biasa sekali respon para perangkat desa yang akan dilantik," tandas Sahono dalam release data Camat Trucuk.

Prosesi pelepasan ribuan bibit ikan ke dalam embung

Puncak acara pelantikan perangkat Desa Kradenan ditutup dengan penebaran ribuan bibit ikan nila, bawal dan patin ke dalam embung. (FMA/Red)