Sejumlah KA Mengalami Kelambatan, PT. KAI Daop 5 Purwokerto Berikan Service Recovery

code ads


Sejumlah KA Mengalami Kelambatan, PT. KAI Daop 5 Purwokerto Berikan Service Recovery

Monday, May 21, 2018
Tampak adanya penumpukan calon penumpang dari sejumlah KA di stasiun Purwokerto, akibat dari miringnya plat andas di jalur Soka - Kebumen tepat di Km 449+8/9.

Purwokerto, beritaglobal.net - Terkait terjadinya plat andas miring di BH 1751 pada Km 449+8/9 antara Soka - Kebumen yang diduga karena adanya galian pada pekerjaan jalur ganda di dekat jalur existing, Selasa (22/05), telah menyebabkan perjalanan beberapa kereta api mengalami kelambatan.

Plat andas yang dibawah jembatan nampak geser tidak simetris, nampak garis putihnya tidak simetris

Kepada beritaglobal.net, Manajer Humas Daop 5 Pwt Ixfan Hendriwintoko menjelaskan melalui keterangan tertulis tentang keterlambatan jadwal sejumlah KA. Kejadian berawal dari laporan pengawas satker WIKA kepada petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Kebumen pada pukul 00.38 WIB bahwa plat andas di lokasi tersebut miring. Laporan dari satker WIKA segera diteruskan oleh PPKA Kebumen kepada petugas Pusat Pengendali Operasi KA (Pusdalopka).

"Bermula dari laporan Satker WIKA mengenai adanya plat andas yang miring di H 1751 pada Km 449+8/9 antara Soka - Kebumen kepada petugas PPKA Kebumen, dan selanjutnya dilaporkan ke Pusdalopka," ungkap Ixfan.

Lebih lanjut disampaikan Ixfan dalam keterangannya, adanya laporan dari PPKA Kebumen ini ditindak lanjuti oleh petugas Pusdalopka dengan menghubungi kepala Resort Jalan Rel 5.15 Kebumen.

Sesaat setelah menerima laporan tentang plat andas yang miring, tim Resort Jalan Rel langsung meluncur ke lokasi H 1751 pada Km 449+8/9 antara Soka - Kebumen dan mengamankan jalur tersebut agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.

Selama pengerjaan perbaikan jalur dipasang Semboyan 3 yang berarti tidak boleh dilalui KA dan selesai pada sekira  pukul 04.40 WIB dengan kecepatan sementara pada lokasi dibatasi 5 km/jam.

Akibat kejadian tersebut, beberapa perjalanan kereta api arah Purwokerto - Surabaya atau sebaliknya mengalami kelambatan.

Kereta api yang mengalami kelambatan sebagai berikut:
- KA 182 Kahuripan stasiun Soka terlambat 223 menit.
- KA 124 Sawunggalih stasiun Sruweng terlambat 212 menit.
- KA 82 Lodaya stasiun Karanganyar terlambat 206 menit.
- KA 120 Senja Utama Yogya stasiun Karanganyar terlambat 194 menit.
- KA 50 Turangga stasiun Gombong terlambat 171 menit.
- KA 8 Argolawu stasiun Gombong terlambat 137 menit.
- KA 91 Malabar staaiun kebumen terlambat 203 menit.
- KA 111 Mutiara Selatan stsiun Wonosari terlambat 175 menit.
- KA 204 Kutojaya Selatan stasiun Tambak terlambat 70 menit.
- KA 152 Bogowonto stasiun Sumpiuh terlambat 48 menit.
- KA 116 Senja Utama Solo stasiun Kemranjen terlambat 53 menit.
- KA 186 Progo stasiun Kroya terlambat 23 menit.

Selanjutnya Ixfan menjelaskan, untuk kereta api yang mengalami kelambatan lebih dari 3 jam pihaknya memberikan service recovery sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mewakili manajemen PT. KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan juga menyampaikan permohonan maaf atas kelambatan ini dan akan tetap memberikan pelayanan terbaik.

"Bagi para calon penumpang Kereta api yang mengalami kelambatan lebih dari 3 jam, kami berikan service recovery sesuai dengan peraturan yang berlaku. Atas nama manajemen PT. KAI Daop 5 Purwokerto, kami sampaikan permohonan maaf atas kelambatan ini dan akan tetap memberikan pelayanan terbaik," tandas Ixfan. (Fera/Agus)


Sumber : Humas PT. KAI Daop 5 Purwokerto