Diduga Alami Keracunan Lauk Daging Ayam, 35 Orang Keluarga Bani Karim 'Dilarikan' ke 2 Puskesmas

code ads


Diduga Alami Keracunan Lauk Daging Ayam, 35 Orang Keluarga Bani Karim 'Dilarikan' ke 2 Puskesmas

Friday, June 22, 2018
Kanit Intel Polsek Bergas Aiptu Totok saat mengambil sampel makanan yang diduga penyebab keracunan 35 orang anggota keluarga Bani Karim. (Foto: Dok. Humas Polsek Bergas)

Ungaran, beritaglobal.net - Setidaknya 35 orang dewasa dan anak - anak dari Keluarga Bani Karim, alami perut mual dan kepala pusing setelah santap hidangan ayam, Kamis (21/06/2018) malam.

Berdasar data diterima beritaglobal.net dari Kapolsek Bergas AKP Winarno, melalui Kasi Humas Aiptu Dwi Budiono, menjelaskan bahwa peristiwa tersebut bermula dari acara silaturahmi keluarga Bani Karim di Dusun Senden Desa Jatijajar Kec Bergas setidaknya 35 orang anak anak dan dewasa mengalami keracunan makanan setelah mengkonsumsi lauk daging ayam pada acara hajatan Temu Keluarga Bani Karim.

Lebih lanjut Kapolsek Bergas AKP Winarno melalui Kasi Humas Aiptu Dwi Budiono menyampaikan bahwa gejala keracunan berupa perut mual dan kepala pusing dirasakan oleh keluarga Supriyanto, hari Jumat (22/06/2018), dini hari sekira pukul 00.15 WIB. Selanjutnya Supriyanto menyampaikan kepada warga yang bertugas ronda di poskamling Dusun Senden.

Warga yang bertugas ronda kemudian melaporkan peristiwa itu ke kepala satuan tugas (Kasatgas) Linmas Desa Jatijajar, Paiman. Dibawah koordinasi Kasatgas Linmas Desa Jatijajar, akhirnya dilakukan penyisiran dan pendataan ke keluarga keturanan Bani Karim yg mengikuti kegiatan hajatan pada Kamis, (21/06/2018).

"Langkah penyisiran dan pendataan dilakukan untuk melakukan evakuasi para korban agar segera mendapatkan perawatan medis di klinik atau puskesmas terdekat," ungkap Kapolsek Bergas AKP Winarno, menirukan keterangan dari Kasatgas Linmas Desa Jatijajar, Paiman.

Sebanyak 28 orang anggota keluarga Bani Karim, korban keracunan yang terdata saat itu (Jumat dini hari) selanjutnya dilarikan ke Klinik Larizma Husada Bawen untuk mendapatkan pertolongan medis/pengobatan. Tujuh orang anggota keluarga Bani Karim lainnya dilarikan ke Puskesmas Bergas.

Beberapa orang anggota keluarga Bani Karim saat menunggu antrian pemeriksaan kondisi kesehatan pasca merasakan gejala keracunan makanan

Disampaikan lebih lanjut oleh Kapolsek Bergas AKP Winarno melalui Kasi Humas Polsek Bergas Aiptu Dwi Budiono, seluruh anggota keluarga Bani Karim yang menjadi korban keracunan, diperbolehkan kembali ke rumah masing - masing setelah mendapatkan  perawatan medis.

Hingga berita ini diturunkan, Kanit Reskrim, Kanit Intel dan beberapa anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bergas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan mengirim sisa makanan untuk dikirimkan ke laboratorium forensik, guna memastikan sumber penyebab keracunan. (Agus S/HMS)