KOK Bringin Gelar Turnamen Terbuka Bola Voli Regional Jateng - DIY 'Sumber Cahaya Cup 1' -->

code ads

KOK Bringin Gelar Turnamen Terbuka Bola Voli Regional Jateng - DIY 'Sumber Cahaya Cup 1'

Friday, July 20, 2018
Nur Arifah Ketua KOK Bringin bersama Kapten Kav Sudarto, pada saat pembukaan turnamen bola voli Sumber Cahaya Cup 1, Jumat (20/07/2018). (Foto: Khoirul)


Ungaran, beritaglobal.net - Koordinator Olah Raga Kecamatan (KOK) Bringin, selenggarakan turnamen terbuka bola voli antar klub se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (20/07/2018).

Turnamen terbuka bola voli "Sumber Cahaya Cup", untuk kali pertama terselenggara berkat dukungan masyarakat pecinta olah raga bola voli di Kecamatan Bringin dan difasilitasi oleh KOK Bringin yang dipimpin oleh Kepala Desa Rembes, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Nur Arifah, sekaligus sebagai Ketua Paguyuban KOK Kabupaten Semarang bersama Koramil Bringin Kodim 0714/Salatiga, dibawah komando Kapten Kav Sudarto yang juga salah seorang putera daerah Kecamatan Bringin.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net disela - sela persiapan pembukaan turnamen, Nur Arifah menceritakan bahwa latar belakang terselenggaranya turnamen bola voli Sumber Cahaya Cup ini adalah berkat dorongan putera daerah Bringin yang sudah lama merindukan adanya kegiatan olah raga besar yang mana dapat memacu munculnya bakat - bakat baru khususnya di bidang olah raga bola voli guna meraih prestasi yang lebih gemilang dimasa mendatang.

"Latar belakang terselenggaranya turnamen bola voli Sumber Cahaya Cup ini adalah berkat dorongan seorang putera daerah Bringin yang sudah lama merindukan adanya kegiatan olah raga besar yang mana dapat memacu munculnya bakat - bakat baru khususnya di bidang olah raga bola voli guna meraih prestasi yang lebih gemilang dimasa mendatang," ungkap Nur Arifah kepada beritaglobal.net, Jumat (20/07/2018) malam.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Nur Arifah, turnamen yang rencana nya akan berlangsung selama sepuluh hari sejak hari Jumat (20/07/2018) hingga (10/08/2018) mendatang, memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan total sebesar Rp 40 juta, untuk juara 1 hingga 3 dan juara harapan 1. Untuk masing - masing klub yang turut serta dalam turnamen ini juga disediakan dana transportasi sebesar Rp 2 juta sampai dengan partai semi final.

"Turnamen ini dimulai malam ini, untuk 10 hari ke depan, tim - tim yang ikut turnamen akan memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan dengan total hadiah sebesar Rp 40 juta, untuk juara 1 hingga 3 dan juara harapan 1. Selain itu kami juga menyediakan dana transport sebesar Rp 2 juta setiap kali tampil sampai dengan babak semi final," imbuh Nur Arifah.

Ketika ditanyakan tentang arti nama Sumber Cahaya Cup untuk turnamen terbuka bola boli, Nur Arifah menjawab bahwa Sumber Cahaya Cup diambil dari nama sponsor utama atas terselenggaranya turnamen yaitu nama toko bahan bangunan Sumber Cahaya. Selain toko bangunan Sumber Cahaya terdapat beberapa perusahaan yang turut andil dalam event ini diantaranya PT. KAI (persero), PT. Jarum Kudus, Bank BNI '46, PTPN IX. Turnamen ini menjadi agenda tahunan KOK Beringin jika masih ada ijin untuk penggunaan lapangan dan sementara ini hanya untuk tim putera, dan semua hasil dari turnamen ini bukan untuk toko bangunan Sumber Cahaya namun untuk kepentingan kemajuan KOK Beringin.

"Sumber Cahaya Cup diambil dari nama sponsor utama atas terselenggaranya turnamen yaitu nama toko bahan bangunan Sumber Cahaya. Selain toko bangunan Sumber Cahaya terdapat beberapa perusahaan yang turut andil dalam event ini diantaranya PT. KAI (persero), PT. Jarum Kudus, Bank BNI '46, PTPN IX. Turnamen ini menjadi agenda tahunan KOK Beringin jika masih ada ijin untuk penggunaan lapangan dan sementara ini hanya untuk tim putera, dan semua hasil dari turnamen ini bukan untuk toko bangunan Sumber Cahaya namun untuk kepentingan kemajuan KOK Beringin, Kabupaten Semarang," imbuh Nur Arifah.

Ditegaskan Nur Arifah bahwa event ini diikuti 16 tim bola voli dari Jateng dan DIY, dengan harapan akan menjadi pemicu booming (demam) bola voli diwilayah KOK Beringin khususnya dan KOK Kabupaten Semarang pada umumnya.

Koordinasi dengan PBVSI Kabupaten

Kapten Kav Sudarto menambahkan keterangan Nur Arifah mengenai koordinasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Semarang dalam hal perijinan dan dukungan tim wasit guna menjaga profesionalime selama jalannya turnamen.

"Kami selalu berkoodinasi dengan PBVSI kabupaten Semarang mulai awal mengurus perijinan dan dukungan wasit, guna menjaga profesionalisme selama jalannya turnamen," ungkap Sudarto.

Saat ditanyakan tentang dukungan dari pemerintah Kabupaten Semarang, Sudarto menjelaskan bahwa pihak panitia mendapat support dari KONI Kabupaten Semarang dan kami menjalankan event ini sesuai aturan dari Kabupaten Semarang.

"Kami juga mendapat support dari KONI Kabupaten Semarang dan kami menjalankan event ini sesuai aturan dari Kabupaten Semarang," imbuh Sudarto.

Secara terpisah, Camat Beringin Habib Sholeh yang juga hadir pada pembukaan turnamen terbuka bola voli Sumber Cahaya Cup menyampaikan forum komunikasi pimpinan kecamatan Beringin mendukung terselenggaranya turnamen ini, karena kegiatan ini adalah kesempatan emas bagi generasi muda di wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, untuk menunjukkan bakat yang ada.

"Atas koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan kecamatan Beringin, terselenggara turnamen ini, karena kegiatan ini adalah kesempatan emas bagi generasi muda di wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, untuk menunjukkan bakat yang ada," ungkap Camat Bringin Habib Sholeh.

Pemerintah Kecamatan Bringin seperti disampaikan oleh Habib Sholeh juga berharap bahwa KOK dapat mendorong lebih majunya seluruh cabang olah raga untuk mengurangi angka pengangguran dan memancing para generasi muda menjadi lebih kreatif.

"Harapan kami ke depan kegiatan ini dapat mendorong lebih majunya seluruh cabang olah raga untuk mengurangi angka pengangguran dan memancing para generasi muda menjadi lebih kreatif," tandas Habib Sholeh. (Khoirul/Agus S)

Editor: Fera M