MPLS Siswa Baru, Bukan Lagi Ajang Perpeloncoan Namun Lebih Pada Pembentukan Karakter Siswa -->

code ads

MPLS Siswa Baru, Bukan Lagi Ajang Perpeloncoan Namun Lebih Pada Pembentukan Karakter Siswa

Saturday, July 14, 2018
Persiapan MPLS SMP Negeri 2 Kota Salatiga, oleh Ketua Panitia Iskandar di halaman SMP Negeri 2 Kota Salatiga, Jumat (13/07/2018). (Foto: Fera)

Salatiga, beritaglobal.net - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), akan dilaksanakan serentak di seluruh SMP se Kota Salatiga, pada hari Senin (16/7/2018) hingga Rabu (18/7/2018) mendatang.

Untuk tahun ini MPLS menjadi ajang pembentukan karakter calon siswa baru agar menjadi siswa dengan kepribadian tangguh dan berbudi pekerti luhur. Senioritas antara kakak kelas dan adik kelas sudah tidak berlaku dalam MPLS tahun ini. Seperti yang terlihat di SMP Negeri 2 Salatiga yang berlokasi di Jalan Kartini, Kota Salatiga, Jumat (13/7/2018), saat sekolah tersebut mempersiapan MPLS tahun ajaran 2018/2019.

Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kota Salatiga pada saat memberikan pengarahan dan perkenalan singkat kepada siswa siswi baru. 

Beberapa anggota OSIS yang merupakan siswa dari kelas 8 dan 9 tampak bersinergi dengan baik terhadap siswa baru, calon adik kelas mereka.

"Kami disini ditugaskan mendampingi dan membantu adik - adik selama masa MPLS," ungkap Ruth, siswi kelas 8 yang juga merupakan anggota OSIS SMP Negeri 2 Salatiga kepada beritaglobal.net.

Atmosfer yang positif ini juga membantu mengurangi ketegangan yang dirasakan oleh calon siswa baru pada saat membaur dengan teman - teman dan lingkungan yang baru. Hal ini terungkap dari beberapa siswa baru SMP Negeri 2 Salatiga kepada beritaglobal.net.

"Tegang sih, sedikit. Tapi seneng karena bisa diterima di SMP Negeri 2," ungkap Ilham dan Tito, calon siswa baru, serentak.

Di tempat yang berbeda, Iskandar, selaku guru sekaligus panitia MPLS SMP Negeri 2 Salatiga, mengungkapkan bahwa masa MPLS dititikberatkan pada pembentukan karakter siswa baru.
"Pelaksanaan MPLS tahun ini akan ada pengisian materi dari Satlantas Polres Salatiga, Dinas Kesehatan Kota Salatiga dan juga Kodim 0714/Salatiga, untuk pembentukan karakter siswa sesuai dengan aturan Dinas Pendidikan Kota Salatiga," ungkap Iskandar.

Lebih lanjut, Iskandar menyampaikan bahwa panitia MPLS SMP Negeri 2 Salatiga hanya akan mengenalkan siswa - siswi baru kepada lingkungan sekolah beserta para guru dan staf agar mereka mengerti alur komunikasi di sekolah dan dapat beradaptasi dengan baik.

"Jika dari Panitia MPLS, akan diisi dengan pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan guru, biar nanti kalau mereka masuk sudah tidak kebingungan lagi," tegas Iskandar. (Fera/Red)