New Galaria, Group Musik Dangdut Dan Karawitan Karang Taruna Desa Sukorejo -->

code ads


New Galaria, Group Musik Dangdut Dan Karawitan Karang Taruna Desa Sukorejo

Saturday, July 28, 2018

Babinsa Desa Sukorejo Serda Kundori bersama Tri Wahono dan para personel musik dangdut New Galaria, saat berlatih rutin setiap Sabtu malam

Ungaran, beritaglobal.net - Kreatifitas Karang Taruna Dusun Glagah Ombo, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, layak diberi apresiasi.

Dari hasil kreatifitas para anggotanya, lahir group musik New Galaria dengan genre musik dangdut, New Galaria juga melestarikan kesenian karawitan.

Group musik dangdut dan karawitan ini, awal mulanya di cetuskan oleh alm. Sumitro, tokoh seni di Dusun Glagah Ombo, bersama dengan Tri Wahono (45), yang juga menjabat sebagai Kaur Perencanaan Desa Sukorejo.

Ditemui beritaglobal.net di markas New Galaria di Dusun Glagah Ombo RT 08 RW 03, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Sabtu (28/07/1018) malam, disela - sela anggota group New Galaria berlatih musik dangdut, Tri Wahono menceritakan sejarah singkat lahirnya group musik ini.

"Berawal dari gagasan almmarhum bapak Sumitro, yang berkeinginan memberikan wadah organisasi yang positif kepada para pemuda di Dusun Glagah Ombo, almarhum meminta saya untuk mengumpulkan para pemuda pemudi yang sering nongkrong di tepi jalan," ucap Tri Wahono kepada beritaglobal.net, Sabtu (28/07/2018) malam.

Tri Wahono yang saat itu masih kebingungan, akan pendanaan awal, merasa lega dengan kesanggupan almarhun Sumitro, mendukung lahirnya New Galaria yang namanya di abadikan sebagai nama group musik dangdut dan karawitan karang taruna Glagah Ombo, untuk mengenang jasa - jasa almarhum.

"Awalnya saya bingung tentang dana awal untuk membangun New Galaria, namun almarhum Pak Mitro, mendukung penuh semua dana yang dibutuhkan. Sehingga kami sepakat menamakan group ini dengan nama New Galaria, yang pertama kali beliau cetuskan dan kami pertahankan hingga kini, untuk selalu mengenang jasa - jasa beliau semasa masih hidup," imbuh Tri Wahono.

Untuk mempererat antar personel dan meningkatkan ketrampilan, anggota New Galaria mengadakan latihan seminggu sekali untuk masing - masing genre musik.

Tri wahono yang didampingi oleh vokalis group Dita Vebriana (20) dan seorang satgas TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke 102 tahun anggaran 2018 di Desa Bonomerto, Serda Kundori, yang kebetulan juga sebagai Babinsa Desa Sukorejo dari Koramil 08/Suruh, menjelaskan lebih lanjut, "Setiap Jumat malam, para pemuda - pemudi belajar tentang Karawitan, dan pada malam Minggu mereka berlatih dangdut," lanjut Tri Wahono.

Tri Wahono dan Dita Vebriana saat berlatih musik dangdut, Sabtu (28/07/2018)

Tri Wahono menegaskan bahwa, "Group ini dibangun untuk menjaring potensi - potensi muda, di Dusun Glagah Ombo.

Hal senada juga disampaikan oleh Serda Kundori, "Dengan adanya New Galaria, juga mendukung penurunan angka kejahatan oleh pemuda," ucap Serda Kundori.

Dita (panggilan akrabnya), mengaku senang dengan asanya mediasi dan pembicaraan. Ora perlu waktu lam, blm bisa. (Agus S.)