Penasaran Akan Produk Olahan Lain Buah Durian, Desa Sinduagung Wonosobo Punya Jawabnya

code ads


Penasaran Akan Produk Olahan Lain Buah Durian, Desa Sinduagung Wonosobo Punya Jawabnya

Thursday, July 12, 2018
Bripka Adi Irawanto, Bhabinkamtibmas Polres Wonosobo melihat proses pengupasan buah Durian untuk dijadikan bahan olahan makanan. (Foto: ADI)

Wonosobo, beritaglobal.net - Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Kawasan Desa Sinduagung, Kecamatan Selomerto merupakan salah satu sentra penghasil dan perdagangan buah durian di Kabupaten Wonosobo. Jual beli durian di wilayah ini tidak mengenal musim. Ramai pada hari - hari biasa dan sangat ramai pada waktu panen raya. Bahkan di desa ini juga rutin digelar festival durian setiap tahunnya.

Hal ini tidak luput dari pantauan Bhabinkamtibmas Polres Wonosobo Bripka Adi Irawanto. Secara rutin dirinya berkunjung ke lokasi ‘Pasar Durian’ di Jalan Lingkar Selatan Wonosobo ini. Seperti yang dilakukannya pada Kamis (12/7/2018) siang. Bripka Adi menyambangi kumpulan ibu - ibu yang merupakan buruh pengupas durian.

“Ini bukan durian lokal Pak. Karena belum musim, kami dapatkan dari pedagang yang mendatangkan langsung dari wilayah Sumatera. Ini (Buah Durian) akan kami gunakan untuk bahan baku pembuatan roti, es dawet dan dodol durian,” ungkap seorang ibu pengupas durian.

Menanggapi hal itu, Bripka Adi menyampaikan apresiasinya, karena berkat kerja keras ibu - ibu ini, gema durian Sinduagung sudah terdengar hingga luar kota.

“Meningkatkan taraf hidup masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus meminimalisir terjadinya kejahatan karena semua warga sudah sibuk bekerja. Terima Kasih,” ujar Bripka Adi. (FER/Red)