Dukungan Linmas Desa Bonomerto Pada TMMD Reguler ke 102 TA 2018 -->

code ads


Dukungan Linmas Desa Bonomerto Pada TMMD Reguler ke 102 TA 2018

Sunday, August 5, 2018
Anggota Linmas Desa Bonomerto dalam peran sosial kemasyarakatan membantu pengecoran jalan betonisasi menghubungkan Dusun Gedong ke Dusun Krajan, Desa Bonomerto, Minggu (05/08/2018). (Foto: SRO) 

Ungaran, beritaglobal.net - Linmas adalah kependekan dari Perlindungan Masyarakat, namun anggapan masyarakat umumnya, Linmas lebih dikenal terbatas hanya dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Mengacu pada pengertian dan dasar peraturan tersebut diatas, Ketua Satlinmas Desa Bonomerto, Sugiri (57) warga RT 02 Dusun Gedong, Desa Bonomerto, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, kepada beritaglobal.net, Minggu (05/08/2018), memberi penjelasan lebih detail tentang peran dan fungsi anggota linmas di Desanya.

Sugiri selaku ketua Linmas Desa Bonomerto sukses membina Linmas Desa Bonomerto menjuarai lomba siskamling Polres Semarang dan juara pertama lomba baris - berbaris se Kecamatan Suruh tahun 2018

Dalam menjalankan perannya di masyarakat, Linmas Desa Bonomerto menjalankan semua aktifitasnya dengan dukungan penuh dari personel Bhabinkamtibmas Polsek Suruh dan personel Babinsa Koramil 08/Suruh.

"Dalam semua kegiatan kami, Polsek Suruh dan Koramil 08/Suruh mempunyai andil besar dalam pembinaan dengan aktifitas personel Bhabinkamtibmas dan personel Babinsa," ungkap Giri (panggilan akrab Sugiri).

Giri kemudian menceritakan prestasi yang diraih oleh Linmas Desa Bonomerto dibawah koordinasinya yang juga masih aktif sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Boyolali. Linmas Desa Bonomerto, berhasil meraih Juara Pertama pada lomba Siskamling piala Kapolres Semarang dan Juara Pertama lomba Baris - Berbaris antar Linmas se Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

"Linmas Desa Bonomerto selama dibawah koordinasi saya, telah dua kali menorehkan prestasi, pertama adalah keluar sebagai Juara Pertama Lomba Siskamling tingkat Polres Semarang, dan Juara Pertama lomba baris berbaris antar linmas se Kecamatan Suruh, baru - baru ini," lanjut Giri bangga.

Linmas Desa Bonomerto yang berjumlah 30 (tiga puluh) anggota dari seluruh masyarakatnya, selalu aktif menjalankan aktifitas sosial sebagai salah satu peran dan fungsi linmas seperti termaktub dalam perundang - undangan Linmas.

Salah satu aktifitas sosial kemasyarakatan Linmas Desa Bonomerto adalah berperan aktif dalam pembangunan jalan betonisasi penghubung Dusun Gedong ke Dusun Krajan, Desa Bonomerto, bersama dengan satgas TMMD Reguler ke 102 TA 2018 Kodim 0714/Salatiga.

"Kami juga aktif dalam jalannya pembangunan jalan betonisasi penghubung Dusun Gedong ke Dusun Krajan, pada kegiatan TMMD dari Kodim 0714/Salatiga, seperti tadi, Minggu (05/08/2018) pagi, kami turut serta dalam pengecoran jalan," kata Giri.

Secara terpisah, salah seorang anggota satgas TMMD Reguler ke 102 TA 2018, Sertu Sarino, disela - sela pengecoran jalan beton penghubung Dusun Gedong ke Dusun Krajan, menyampaikan bahwa dukungan masyarakat dalam TMMD Reguler ke 102 TA 2018 di Desa Bonomerto adalah kunci sukses program.

"Peran serta masyarakat termasuk linmas, menjadi salah satu kunci sukses, TMMD Reguler ke 102 TA 2018," tandas Sertu Sarino kepada beritaglobal.net, Minggu (05/08/2018) pagi. (Agus S/Red)