Jelang Sehari Pelaksanaan Festival Serayu, Panitia Lakukan Persiapan Akhir -->

code ads


Jelang Sehari Pelaksanaan Festival Serayu, Panitia Lakukan Persiapan Akhir

Thursday, August 9, 2018
Eddy Wahono Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu, membawa rerumputan pada waktu pembersihan akhir menjelang Festival Serayu 2018, Jumat (10/08/2018). (Foto: EW/HMS)

Banyumas, beritaglobal.net - Panitia Festival Serayu tahun 2018 dari Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air (SDA) Tata Ruang (TARU) Serayu Citanduy dan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas, terus melaksanakan pembersihan bakal lokasi pelaksanaan FESTIVAL SERAYU 2018, sejak hari Minggu (05/08/2018) lalu hingga hari ini, Jumat (10/08/2018).

Ratusan orang bekerja bersama, membabat dan membersihkan rumput, membakar sampah plastik, membersihkan enceng gondok, pengecekan ulang bakal lintasan karnaval perahu hias, memasang pengaman pembatas, agar penonton tidak tercebur ke sungai.

Pembersihan enceng gondok di tepian Sungai Serayu sebagai tempat penyelenggaraan Festival Serayu 2018

Disampaikan oleh Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu, Eddy Wahono kepada beritaglobal.net, Jumat (10/08/2018), Pelaksanaan FESTIVAL SERAYU 2018 kali ini adalah festival ke 10 kalinya.

"Festival Serayu tahun ini, genap penyelenggaraan yang ke 10," ucap Eddy Wahono.

Disampaikan lebih lanjut oleh Eddy, "Festival tahun ini mengambil tema 'MERAJUT TEPIAN SUNGAI SERAYU'. Dimana tema tersebut, mengandung makna, Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air Akan Berhasil Dengan Keterpaduan Lintas Sektoral Dengan Mengembangkan Potensi Masyarakat Tepian Sungai Serayu" imbuhnya.

Festival Serayu pertama kali di laksanakan pada tahun 2007. Pelaksanaannya merupakan gagasan dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dan Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu, didukung oleh Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah, Dinas PU Kabupaten Banyumas dan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Ditegaskan oleh Eddy Wahono, "Tujuan dari penyelenggaraan Festival Serayu, dimaksudkan agar keindahan Sungai Serayu tergarap sempurna mewujudkan SERAYU LESTARI serta sebagai salah satu sarana Alih Usaha Para Penambang PAasir.  Karena sungai serayu sudah terjadi degradasi dasar sungai nya. Karena Sungai Serayu tidak memiliki suplai sedimen dari gunung berapi sedangkan material pasir yang didapat dari guguran tebing sungai kanan dan kiri," tandas Eddy Wahono.

Rundown Festival Serayu hari pertama, Sabtu (11/08/2018)
Festival Serayu secara resmi akan dibuka selama dua hari pada Sabtu (11/08/2018) hingga hari Minggu (12/08/2018). (Fera/Red)

Rundown Festival Serayu hari ke 2




Sumber : Panitia Festival Serayu & Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu