Tertimpa Bangunan Gudang, Seorang Warga Kampung Sedogan Semarang, Tewas

Iklan Semua Halaman

Dibutuhkan Kontributor Berita Global Dot Net di Wilayah Indonesia - Ingin Gabung Kontak WA 081226637986

Tertimpa Bangunan Gudang, Seorang Warga Kampung Sedogan Semarang, Tewas

Monday, August 20, 2018
Proses evakuasi korban tertimpa reruntuhan bangunan gudang atas nama Ady Sugiyarto oleh Basarnas Jateng, SAR Gabungan wilayah Semarang Barat, warga dan aparat kepolisian, Senin (20/08/2018). (Foto: Basarnas Jateng)

Semarang, beritaglobal.net - Pada hari Senin (20/08/2018) malam, sekira pukul 22.30 WIB di Kampung Sedogan tepatnya di Jalan Peramaran RT 01 RW 04 Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang telah terjadi adanya bangunan roboh yang berasal dari salah satu gudang.

Kepada beritaglobal.net Humas Badan SAR Nasional (Bazarnas) Jawa Tengah Zulhawary menyampaikan, "Kejadian awal diketahui oleh dua orang warga Kampung Sedogan yaitu Slamet (38) dan H. Sujadi (66) yang mendengar suara gemuruh seperti angin tak jauh dari rumah mereka. Keduanya kemudian menghambur keluar rumah bersama beberapa warga untuk melihat gerangan apa yang telah terjadi. Ternyata sebuah bangunan gudang yang ada di Kampung Sedogan telah roboh. Tak diketahui penyebab robohnya bangunan gudang tersebut," ungkap Zulhawary.

Selanjutnya ditambahkan oleh Zulhawary, "Slamet dan H. Sujadi segera melaporkan hal tersebut kepada Polsek Semarang Tengah dan Dinas Pemadam Kebakaran setempat," imbuhnya.

Segera setelah petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi, warga bersama anggota Polsek Semarang Tengah melakukan evakuasi di lokasi bangunan  karena diduga masih terdapat seorang korban yang berada di bawah reruntuhan bangunan tersebut.

Zulhawary kemudian menjelaskan perihal keterlibatan tim Basarnas Jateng dalam proses evakuasi, "Karena  peralatan evakuasi yang kurang memadai maka warga menghubungi Basarnas dan tim SAR gabungan yang ada di wilayah Semarang Barat untuk membantu proses evakuasi. Proses evakuasi pun berlangsung hingga pukul 03.45 WIB dini hari," ungkap Zulhawary menambahkan.

Akhirnya Basarnas beserta tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seorang korban dari reruntuhan bangunan tersebut. Korban yang diketahui bernama Adi Sugiyarto (46), seorang penjaga gudang yang juga merupakan warga Kampung Sedogan, Kecamatan Semarang Tengah ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Hingga berita ini diturunkan kerugian material akibat runtuhnya bangunan gudang tersebut masih belum bisa ditaksirkan. Untuk selanjutnya korban dibawa ke rumah duka untuk diserahkan kepada keluarganya. (Kristiyono/Fera M)

Sumber: Humas Basarnas Jateng