Wednesday, September 19, 2018, 9/19/2018 02:57:00 PM WIB
Last Updated 2018-09-19T07:57:13Z
NEWSTNI & POLRI

Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Candi 2018

Advertisement
Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan bersama Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., berfoto bersama forkompinda Kota Salatiga, Komisioner KPU, Bawaslu dan tokoh agama serta tokoh masyarakat selepas Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata Candi 2018, di lapangan Apel Mapolres Salatiga, Rabu (19/09/2018). (Foto: HMS)

Salatiga, beritaglobal.net - Dalam rangka persiapan pengamanan penyelenggaraan pemilihan anggota legislatif, serta pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019, Polres Salatiga melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat ‘Mantap Brata Candi 2018’, dengan tema "Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri (KAMDAGRI) Yang Kondusif", di halaman Apel Mapolres Salatiga, Rabu (19/09/2018) pagi.

Berdasar keterangan dari Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Joko Lelono kepada beritaglobal.net, Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan, S.I.K., M.I.K., dan bertugas sebagai Komandan Apel AKP Edy Sunaryanto, Kapolsek Tingkir. Apel gelar pasukan operasi terpusat kepolisian Polres Salatiga, Rabu (19/09/2018), diikuti lebih kurang 250 orang.

Hadir dalam kegiatan, Walikota Salatiga  Yuliyanto, S.E., M.M., Kajari Salatiga Dr. Yudi Kristiana, S.H., M.H., Polsek Jajaran, PJU Polres Salatiga, Dandenpom 3/IV Salatiga Letkol CPM K Asmin Tapahing, Kasdim 0714/Salatiga Mayor Kav Burhanuddin, S.T., Wakil Ka Pengadilan Negeri Salatiga, Ketua FKUB Kota Salatiga KH. Nur Rofiq, Danyonif 411/Kostrad Salatiga Mayor Inf Ardiyansyah Siregar, Ketua Bawaslu Salatiga beserta komisionernya, Ketua KPU Kota Salatiga yang di wakili para komisioner KPU Kota Salatiga, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terakait Kota Salatiga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kota Salatiga.

Lebih lanjut, AKP Joko Lelono menyampaikan penegasan isi sambutan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, yang dibacakan oleh Kapolres Salatiga, AKBP Yimmy Kurniawan, "Dalam isi sambutan dari Kapolri yang dibacakan oleh Bapak Kapolres, terdapat tujuh penegasan untuk kami dalam menjalankan Operasi Mantab Praja Candi 2018 dalam rangka pemlihan anggota legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 mendatang," ungkap AKP Joko Lelono.

"Ketujuh penegasan dari Bapak Kapolri diantaranya, perkuat solidaritas dan sinergitas POLRI/TNI guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar dan damai. Jaga netralitas POLRI dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas POLRI dan TNI dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu. Kedepankan langkah proaktif dengan mengedepankan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini. Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media dan Tokoh Masyarakat serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku. Gelorakan deklarasi pemilu damai di masing - masing wilayah dengan mengikut sertakan elemen - elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu. Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi. Penegasan terakhir dari Kapolri adalah lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif," terang AKP Joko Lelono.

Sementara itu, secara terpisah saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan menyatakan, "Polres Salatiga beserta jajaran, bersama TNI, Pemerintah Kota Salatiga, instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya siap mengamankan pemilu presiden dan pemilu legislatif tahun 2019 mendatang," jawab AKBP Yimmy Kurniawan melalui pesan whatsapp.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan selanjutnya memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Kota Salatiga, "Marilah kita bersama - sama melaksanakan tahapan pemilu presiden & pemilu legislatif tahun 2019 dengan aman, damai dan sejuk," harap AKBP Yimmy Kurniawan.

Penyataan dan harapan senada diucapkan Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., kepada beritaglobal.net, Rabu (19/09/2018), saat ditemui di ruang kerjanya.

"Kami atas nama pemkot Salatiga, bersama - sama dengan TNI/Polri, dan instansi terkait siap untuk turut mensukseskan pemilu legislatif, pemilu eksekutif, dikarenakan pemilu tahun depan unik, dimana seluruh tahapan pemilihan umum untuk eksekutif dan legislatif baik dari tingkat pusat sampe ke kabupaten/kota serta anggota DPD dilaksanakan bersamaan," ucap Yulianto.

Walikota Salatiga berharap bahwa masyarakat Kota Salatiga dapat memberikan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, tidak mudah terpengaruh pada hasutan - hasutan, dan dapat menjaga kedamaian di Kota Salatiga.

"Saya harap masyarakat dapat memberi hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, tidak mudah terpengaruh pada hasutan - hasutan dan intimidasi, dan yang terpenting dapat selalu menjaga kedamaian di Kota Salatiga," harapnya.

Saat ditanya terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah Kota Salatiga, Yulianto menegaskan, "Saya minta dan tegaskan para ASN di lingkup pemerintah Kota Salatiga, sperti halnya yang berlaku di institusi TNI/Polri dapat menjaga netralitasnya, tidak melakukan bujukan - bujukan kepada masyarakat untuk memilih salah satu calon," tegas Yulianto. (Agus S/Red)