Kebakaran Hebat Hanguskan Tujuh Rumah Warga Kalitulang -->

code ads


Kebakaran Hebat Hanguskan Tujuh Rumah Warga Kalitulang

Monday, September 17, 2018
Proses pemadaman api di Dusun Kalitulang, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, oleh regu Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang, Senin (17/09/1018). (Foto: HMS/BBS)

Ungaran, beritaglobal.net - Kebakaran hebat terjadi pada Senin (17/09/2019), sekira pukul 11.30 WIB siang, di wilayah Dusun Kalitulang RT 04 RW 02, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

Berdasarkan konfirmasi beritaglobal.net kepada Kasubbag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi, Senin (17/09/2018), kebakaran diduga bermula dari kediaman seorang janda, Tasirah (86), warga setempat.

"Betul, telah terjadi peristiwa kebakaran di Dusun Kalitulang, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, sekira pukul 11.30 WIB," kata AKP Teguh kepada beritaglobal.net.

Lebih lanjut AKP Teguh mejelaskan kronologi terbakarnya tujuh rumah di Dusun Kalitulang.

"Menurut para saksi mata yang juga tetangga korban, saudara Darmadi (54), Mas Ari (19), Mas Yusuf (22), diduga awal mula api muncul dari dapur rumah Ibu Tasrifah. Pada saat kejadian Ibu Tasrifah sedang tertidur. Karena cuaca panas dan angin yang bertiup kencang, api cepat membesar dan merambat ke rumah di dekatnya yaitu rumah Ibu Pupah dan merambat lagi ke rumah Pak Kukuh Purnadi," jelas AKP Teguh.

Selanjutnya AKP Teguh menyampaikan perkiraan kerugian total materi atas peristiwa kebakaran di Dusun Kalitulang, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, diperkirakan lebih kurang Rp 280 juta dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Untuk korban jiwa atau luka tidak ada, namun kerugian materi di perkirakan mencapai Rp 280 juta dari tujuh unit rumah yang terbakar berikut isinya. Adapun rincian kerugian sebagai berikut, Ibu Tasiran 1 (satu) buah rumah seisinya dengan kerugian di taksir Rp 30 juta, Ibu Pupah menjadi korban dengan 4 (empat) buah rumah seisinya dengan kerugian diperkirakan Rp 170 juta, Bapak KuKuh Purnadi menderita kerugian materi berupa 2 (dua) buah rumah seisinya dengan kerugian materi diperkirakan 80 juta," jelas AKP Teguh.

Warga Dusun Kalitulang bersama personel Babinsa dari Koramil 08/Suruh, Bhabinkamtibmas dari Polsek Suruh untuk wilayah Desa Sukorejo dan kemudian dibantu 3 (unit) mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Selepas waktu sholat Zduhur, api berhasil dipadamkan. (Choerul/Fera)