Sinergi Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Kawasan Purbakala Candi Gedong Songo -->

code ads


Sinergi Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Kawasan Purbakala Candi Gedong Songo

Friday, September 28, 2018

Asap putih mengepul dari kawasan hutan dan area Candi 4 Gedong Songo yang terbakar, pasca upaya pemadaman oleh tim gabungan, Jumat (28/09/2018). (Foto: Dok. Arun)

Ungaran, beritaglobal.net - Musim kemarau panjang tahun 2018 menjadikan area hutan di sekitar komplek wisata Purbakala Candi Gedong Songo terbakar, Jumat (28/09/2018).

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Jumat (28/09/1018), Kasubbag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi membenarkan adanya peristiwa kebakaran di sekitar candi 4, Candi Gedong Songo.

Tim gabungan melakukan koordinasi memadamkan kebakaran hutan dan area Candi 4 Gedong Songo. (Foto: Dok Humas Polres Semarang)

"Betul ada kebakaran di petak area candi 4, sementara belum diketahui penyebab dan kerugiannya," ucap AKP Teguh.

Namun ditambahkan oleh AKP Teguh, bahwa seluruh komponen telah terlibat dalam proses pemadaman secara manual di petak Candi 4 yang terbakar.

"Dengan kebakaran lahan ini, seluruh komponen sudah melaksanakan pemadaman secara manual di area kebakaran," imbuh AKP Teguh.

Adapun tim gabungan yang turut berupaya melakukan pemadaman area hutan dan area Candi 4 Gedong Songo terdiri dari SARBUSER Kabupaten Semarang sebanyak 20 personel, SAKPALA sebanyak 15 personel, BIMA sebanyak 6 personel, Koramil Bandungan sebanyak 4 personel, Polsek Bandungan sebanyak 6 personel, pengawas Perhutani berjumlah 5 personel, petugas DAMKAR Kabupaten Semarang berjumlah 4 personel, warga  setempat sebanyak 23 orang warga.

Sementara itu, salah satu personel relawan yang terlibat proses pemadaman api di area Candi 4, Arun dari SAKPALA, saat dikonfirmasi terpisah beritaglobal.net, menyampaikan bahwa area lahan yang terbakar adalah seluas lebih kurang 1,5 hektare lahan hutan dan 1,5 hektare di area Purbakala.

"Luas lahan yang terbakar lebih kurang 1,5 hektare di area hutan dan 1,5 hektare di area purbakala," kata Arun kepada beritaglobal.net.

Lebih lanjut, Arun yang menjadi bagian tim gabungan pemadaman api di kawasan Candi Gedong Songo menyampaikan bahwa diduga titik api berasal dari kawasan Purbakala, dan mulai menjalar dari sekira pukul 11.00 WIB hingga bisa dipadamkan sekira pukul 15.00 WIB, dengan tetap melakukan pemantauan bila area lahan kemabali terbakar.

"Dari sisa kebakaran, diduga titik api berawal dari area Purbakala, api mulai menjalar sekira pukul 11.00 WIB, dan upaya pemadaman oleh tim gabungan sampai sekira pukul 15.00 WIB. Kami terus pantau lokasi bilamana, api kembali membakar area hutan," tandas Arun. (Fera/Agus S)