Tanamkan Kemandirian Sebagai Bagian Pendidikan Karakter, SD TPQ Annida Adakan MABIT -->

code ads


Tanamkan Kemandirian Sebagai Bagian Pendidikan Karakter, SD TPQ Annida Adakan MABIT

Monday, September 17, 2018
Sholat berjamaah sebagai bagian dari kegiatan MABIT di SD PTQ Annida tahun ajaran 2018/2019. (Foto: SD PTQ Annida)

Salatiga, beritaglobal.net – Menjalankan satu dari lima program penguatan pendidikan Karakter (PPK), yang tertuang dalam kurikulum 2013 adalah dengan membangun kemandirian siswa. Mengacu pada kurikulum 2013 tersebut, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida menyelenggarakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), bagi seluruh siswa/siswinya.

Pelaksanaan MABIT di SD Plus SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida, dilaksanakan dalam dua tahap dimana setiap tahapnya siswa/siswi SD PTQ Annida, diwajibkan menginap satu malam. Adapun tahap pertama diterapkan untuk siswa/siswi kelas 3 hingga kelas 6 yang telah diselenggarakan pada 31 Agustus hingga 01 September 2018 lalu. Sedangkan pada tahap ke dua dilaksanakan pada hari Jumat (07/09/2018) hingga Sabtu (08/09/2018), untuk kelas 1 dan kelas 2.
Kepada beritaglobal.net, Senin (17/09/2018), Ahmad Fikri Sabiq, S.Pd.I., selaku kepala sekolah SD PTQ Annida, menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa.

“Kami berharap dengan adanya MABIT ini anak - anak bisa menjadi pribadi yang mandiri, bertanggungjawab, dan bisa memupuk rasa kebersamaan,” tutur Fikri.

Fikri juga menambahkan bahwa selain untuk melatih kemandirian, kegiatan MABIT juga bertujuan untuk memperlancar hafalan Al Quran para siswa.

“Kegiatan MABIT ini diisi dengan kegiatan - kegiatan yang menunjang program - program sekolah, seperti hafalan Al Quran, shalat tahajud, bermunajat di malam hari, dan shalat Subuh berjamaah,” imbuh Fikri.

Dalam setiap tahapan MABIT, diterapkan kegiatan khusus dengan melihat jenjang kelas, untuk kelas 3 hingga kelas 6, dalam kegiatan MABIT ditambahkan acara mendongeng inspirasi yang bertujuan untuk membangun karakter kedisiplinan anak, tanggung jawab dan kepedulian. Sedangkan untuk jenjang kelas 1 dan kelas 2, kegiatan MABIT diisi dengan tutorial wudhu dan shalat dengan harapan agar anak bisa senantiasa memperbaiki kualitas ibadahnya.

Selanjutnya Fikri menyampaikan bahwa untuk menjaga kebugaran para siswa dalam menjalankan aktivitas kegiatan rohani, selama pelaksanaan MABIT diisi juga dengan olahraga bersama, demi meningkatkan keakraban siswa antar kelas.

“Selain kegiatan rohani, Mabit juga diisi dengan kegiatan olahraga bersama. Selain untuk kebugaran fisik, olahraga bersama juga bertujuan untuk menjalin keakraban siswa antar kelas,” imbuh Fikri.


Fikri menegaskan, “Setiap tahun siswa SD PTQ Annida akan mengikuti kegiatan MABIT selama 2 kali, yaitu di pertengahan semester 1 dan semester 2,” tegasnya. (Choerul)