Diduga Karena Terik Mentari Sebabkan Sebidang Kebun Bambu di Depan School of Life Lebah Putih Terbakar -->

code ads


Diduga Karena Terik Mentari Sebabkan Sebidang Kebun Bambu di Depan School of Life Lebah Putih Terbakar

Wednesday, October 10, 2018
Area kebun bambu yang terbakar di wilayah RT 01 RW 08, Kampung Tegalsari Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Rabu (10/10/2018). (Foto: Pelita Mangunsari)


Salatiga, Beritaglobal.net - Peristiwa terbakarnya kebun bambu kembali terjadi di wilayah Kota Salatiga, kali ini api membakar sebidang kebun bambu di RT 01 RW 08 Kampung Tegalsari, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Rabu (10/10/2018).

Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto, saat dikonfirmasi beritaglobal.net, membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Tadi saya dapat laporan dari Pelita Mangunsari, sedang cek kebakaran di kebun depan Sekolah Lebah Putih RT 01 RW 8, saat ini kondisi api sudah padam, diduga api berasal dari daun bambu kering yang berada di bawah dan menjalar ke daun kering lainya," ucap Kapolsek Sidomukti Kompol Arif Haryanto.

Proses pemadaman api di kebun bambu

Menambahkan informasi terkait peristiwa kebakaran kebun ini, Kompol Arif Haryanto menyampaikan, "Kerugian material tidak ada, untuk luas kebun yang terbakar lebih kurang mencapai 2.000 meter persegi, dan proses pemadaman oleh warga personel Bhabinkamtibmas, Babinsa dan dua unit mobil pemadam kebakaran," kata Kompol Arif.

2 Unit pemadam kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Kota Salatiga, dikirim ke lokasi kebakaran kebun bambu

Atas peristiwa ini, Kompol Arif Haryanto menghimbau kepada warga di wilayah hukum Polsek Sidomukti, untuk lebih waspada saat membakar sampah ditunggu hingga benar - benar padam, jangan membuang puntung rokok sembarangan.

"Untuk warga agar selalu waspada karena musim kemarau panjang suhu panas yang tinggi jangan membuang puntung rokok sembarangan, juga bakar sampah di siang hari tidak di tungguin...daun kering jangan di bakar bisa akibatkan kebakaran yang fatal bila tidak di ketahui dan dapat bantuan dari pemadam kebakaran," himbau Kompol Arif Haryanto.

Personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa Mangunsari, bersama warga setempat berjaga bila mana muncul titik api baru.

Sampai berita ini diturunkan, personel Polsek Sidomukti bersama Babinsa, dan warga setempat masih berjaga - jaga bilamana ada titik api baru. (Yusi Triana)