Saturday, October 13, 2018, 10/13/2018 12:48:00 PM WIB
Last Updated 2018-10-13T05:48:40Z
LIFESTYLENEWS

Festival Kuliner III, Ramaikan Malam Penggalangan Dana PMI Salatiga Untuk Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Advertisement
Pemukulan Gong, pembukaan Festival Kuliner III Salatiga tahun 2018 oleh Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., didampingi oleh Ketua PMI Kota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., Forkompinda Salatiga, Kepala OPD Kota Salatiga, di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Salatiga, Jalan Pemuda, Kota Salatiga, Jumat (12/10/2018).


Salatiga, Beritaglobal.net - Sebanyak 40 stand kuliner dari Komunitas Facebook Kuliner Salatiga terdiri dari 16 stand masakan tradisional, 24 stand masakan kekinian dan beberapa stand untuk undangan kuliner dari luar Kota Salatiga, ramaikan malam penggalangan dana PMI Kota Salatiga untuk korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (12/10/2018).

Seperti diungkapkan oleh Ketua Panitia Festival Kuliner III Salatiga dengan tema Old and Now Salatiga Culinary, Mahfud kepada beritaglobal.net, "Acara ini didukung oleh group komunitas facebook (FB), Komunitas Kuliner Kota Salatiga, dengan kepanitiaan dibentuk oleh seluruh anggota group FB, hingga kami dapat memberi sedikit peran dalam Festival Kuliner III dan malam penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, oleh PMI Kota Salatiga," kata Mahfud.

Suasana pembukaan Festival Kuliner III Salatiga tahun 2018 dan malam penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah oleh PMI Kota Salatiga
Hadir dalam acara malam penggalangan dana oleh PMI Kota Salatiga, Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., Ketua PMI Kota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., Kapolres Salatiga yang diwakili oleh Kapolsek Sidorejo AKP Harjan, Dandim 0714/Salatiga diwakili oleh Danramil 01/Kota Salatiga Kapten Inf Joko S, Sekda Kota Salatiga dan segenap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Salatiga, serta tamu undangan dari berbagai komunitas yang ada di Kota Salatiga.

Walikota Salatiga, Ketua PMI, Forkompinda Kota Salatiga, Kepala OPD Kota Salatiga dalam acara Pembukaan Festival Kuliner III dan Malam Penggalangan Dana Bantuan Korban Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., dalam sambutan pembukaan Festival Kuliner III serta Malam Penggalangan Dana Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah, menyampaikan, "Kegiatan atau kalender tahunan ini masih bisa diselenggarakan oleh berbagai komunitas di Salatiga sebagai wujud persembahan kepada masyarakat bahwa pelaku usaha kecil di bidang kuliner sangat bervariatif di Kota Salatiga, dengan tema 'Old and Now Qulinary', menjadi terobosan yang sangat positif ditengah - tengah perkembangan informasi teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik untuk penyebarluasan informasi bahwa masyarakat berperan aktif untuk berkembangnya UMKM di Kota Salatiga," kata Yulianto.

Selanjutnya Walikota Salatiga Yulianto, juga memberikan apresiasinya kepada komunitas kuliner di Kota Salatiga yang telah berperan dalam pengembangan UMKM sebagai salah satu dari tiga prioritas pembangunan di Salatiga di bidang Pendidikan, Kesehatan dan UMKM. Dan berharap agar komunitas kuliner Salatiga dapat bersinergi dengan OPD terkait agar lebih berkembang dengan baik.

"Apresiasi saya berikan kepada komunitas kuliner dalam mengambangkan UMKM, sebagai salah satu dari tiga sasaran pembangunan di Salatiga dalam bidang Pendidikan, Kesehatan dan UMKM, dan saya harap komunitas kuliner ini dapat bersinergi kepada OPD terkait agar dapat berkembang dengan baik," harap Yulianto.

Selepas memberikan sambutan, Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., membuka festival kuliner III dengan memukul gong dan berkeliling melihat seluruh stand peserta festival.

Penerimaan Bantuan Bencana

Selepas ikut berkeliling dengan Walikota Salatiga, meninjau seluruh stand kuliner, Ketua PMI Kota Salatiga Muh Haris, S.S., M.Si., yang juga sebagai Wakil Walikota Salatiga, memberikan sambutan sebelum menerima bantuan donasi dari para dermawan.

“Atas nama PMI Kota Salatiga, saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dan donator yang telah menitipkan donasinya melalui PMI Kota Salatiga, dan PMI Kota Salatiga, siap menerima donasi untuk disalurkan ke daerah bencana,” ucap Muh Haris, S.S., M.Si.

Adapun donasi yang terkumpul pada malam penggalangan dana untuk korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (12/10/2018) malam adalah sebesar lebih kurang Rp 64 juta rupiah yang berasal dari perorangan, lembaga pemerintah, swasta dan aksi spontan dari para pengunjung.

Selain penggalangan dana untuk korban bencana, beberapa komunitas peduli lingkungan, salah satunya adalah Komunitas Panther Cluster Semarang Raya, memberikan bantuan tempat sampah, yang diterima langsung oleh Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M. (Choerul Umar)