Monday, October 22, 2018, 10/22/2018 01:58:00 AM WIB
Last Updated 2018-10-21T18:58:10Z
NEWSPENDIDIKAN

Pemerintah Kabupaten Semarang, Polri dan TNI Dukung Launching Kampung Literasi Warung Pasinaon

Advertisement

Launching Kampung Literasi Warung Pasinaon oleh Kasubdit PAUD Dirjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud RI didampingi oleh Plt Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang bersama Forkompincam Bergas di Warung Pasinaon, Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/10/2018)

Ungaran, Beritaglobal.net - Pemerintah Kabupaten Semarang dengan dukungan institusi TNI/Polri, serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Launching Kampung Literasi 'Warung Pasinaon', di kampung Tegalsari RT 05 RW 08, Kelurahan Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/10/2018).

Berdasar data diterima beritaglobal.net dari Kasubbag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi melalui Kasie Humas Polsek Bergas Aiptu Dwi Budiono, Minggu (21/10/2018), selain peluncuran (Launching) Kampung Literasi, di luncurkan pula buku antalogi karya anak warung pasinaon 'Mistery Claudy'.

"Acara peluncuran atau Launching Kampung Literasi dibarengi dengan peluncuran buku antalogi karya anak Warung Pasinaon dengan judul 'Mistery Claudy', ya," kata AKP Teguh Susilo Hadi melalui Aiptu Dwi Budiono.

"Peluncuran Kampung Literasi ini dilakukan oleh Dirjen PAUD dan DIKMAS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili oleh Kasubdit PAUD Dr. Kastum, M.Pd." tambah AKP Teguh melalui Aiptu Dwi Budiono.

Dalam acara tersebut dihadiri pula oleh Plt. Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Astuti, Kepala Dinas Arsip Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang Didik, Camat Bergas Tri Martono, S.H., M.M., Kepala Puskesmas Bergas dr. Aam Amalia, Wakapolsek Bergas Iptu Sugiyarta, Lurah Bergas Lor Agustin Sabardiati, S.Pd., M.M., Danramil Klepu yang diwakili Serma Suparno, Pengasuh Warung Pasinaon Tirta Nursari, mahasiswa / mahasiswi KKN dari Universitas Negeri Semarang (UNES), 40 anak dari Warung Pasinaon, serta tamu undangan dari tokoh masyarakat serta tokoh agama Kabupaten Semarang.

Disampaikan oleh AKP Teguh melalui Aiptu Dwi Budiono, Bupati Semarang berhalangan hadir dalam agenda tersebut dan mewakilkan sambutannya kepada Camat Bergas Tri Martono, S.H., M.M., yang dalam sambutannya Bupati Semarang menyampaikan telah mewujudkan program untuk saran pembelajaran kepada anak - anak di Warung Pasinaon, agar anak - anak dapat belajar dengan bebas dan selalu dapat berfikir positif.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pengasuh Warung Pasinaon ini yang sudah mengadakan kegiatan ini, dan saya mengucapkan terimakasih sudah mendukung program saya yang mana sudah mewujudkan program pemerintah Kabupaten Semarang, agar anak - anak kita bisa belajar tanpa ada batas - batas ketentuan dan anak - anak bisa bebas belajar di Warung Pasinaon. Maka dengan ini hal yang positif dan anak - anak akan timbul kreatifitas di luar dari lingkungan sekolah dan semoga di Kecamatan Bergas ini ada Bu Tirta (sebagai ketua dan pengasuh Warung Pasinaon) serta pengasuh yang lain, supaya anak - anak di wilayah Kecamatan Bergas, bisa belajar di luar sekolah dan menjadikan anak anak berfikir positif. Itu isi sambutan Bupati Semarang yang dibacakan oleh Camat Bergas Bapak Tri Martono, S.H., M.M.," kata AKP Teguh melalui Aiptu Dwi Budiono.

Sementara itu, sambutan dari Dirjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud RI yang di wakili oleh Kasudit PAUD dan dikmas RI adalah, "Ucapan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Semarang sudah mengadakan Kampung Literasi dan Kampung Listerasi di sini menjadi  Kampung Literasi ke 81 dari total 85 Kampung Literasi di seluruh Indonesia," terang AKP Teguh.

Selanjutnya dijelaskan terkait Kampung Literasi, "Kampung Literasi ini tiap Kabupaten dan Kota hanya ada 1 Kampung Literasi. Kampung Literasi adalah suatu wadah bukan hanya untuk belajar namun dari segala bentuk aktifitas bisa masuk, contohnya kita dapat undangan di suatu daerah dan di daerah itu jarak tempuh berapa menit terus ada titik kemacetan apa tidak dan dan rencana kita harus berangkat dari rumah jam berapa, maka dari itu yang namanya Literasi itu luas sekali dalam penempatanya dan manfaatnya, dan di masyarakat sebetulnya tiap hari dilakukan oleh masyarakat," kata AKP Teguh menyambung isi sambutan dari  Kasubdit PAUD DR. Kastum, M.Pd. (Fera Marita/HMS).