Tuesday, October 16, 2018, 10/16/2018 01:02:00 PM WIB
Last Updated 2018-10-16T06:02:34Z
LIFESTYLENEWS

Setetes Air Bentuk Kepedulian Komunitas Panther Mania Korwil Semarang

Advertisement
Proses penyaluran oleh Komunitas Panther Mania Korwil Semarang. (Foto: Dok. Pribadi)

Salatiga, Beritaglobal.net - Musim kemarau panjang, menjadikan sebagian wilayah di Kota Salatiga alami kekeringan. Kondisi inilah yang mendorong Komunitas Panther Mania Korwil Semarang, sumbangkan air bersih kepada warga RW 04 Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Senin (15/10/2018) dan Selasa (16/10/2018).

Disampaikan oleh Ketua Komunitas Panther Korwil Semarang, Tito, kepada beritaglobal.net, Selasa (16/10/2018), menyampaikan bahwa bantuan air bersih ditujukan kepada warga masyarakat yang wilayahnya mengalami kekeringan, di seputar Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

"Tujuan kegiatan ini adalah bagian bakti sosial Komunitas Panther Mania, membantu warga. Karena terpantau dareah Ngronggo kekeringan dan warganya susah mendapatkan air bersih," kata Tito.

Selanjutnya, Tito menambahkan bahwa kegiatan di Ngronggo ini, sudah dilakukan untuk yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Pringapus dan Kecamatan Suruh.

"Menghadapi musim kemarau beberapa wilayah seperti di Kecamatan Pringapus, Kecamatan Suruh, Kota Salatiga dan wilayah Kedung Jati mengalami kekeringan membuat, Komunitas Mobil Panther Mania Korwil Semarang terpanggil untuk mengadakan kegiatan baksos air bersih dengan cara penggalangan dana secara sukarela dari anggota - anggota yang ada di wilayah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan sekitarnya," imbuh Tito.

Bantuan air bersih Komunitas Panther Mania Korwil Semarang disalurkan pertama pada hari Sabtu (29/10/2018) di wilayah Kecamatan Pringapus tepatnya di Dusun Pungkruk, Desa Jatirunggo. Pada bakti sosial, di desa tersebut terdapat 2 wilayah RT yang benar - benarmengalami kekeringan, dengan diikuti oleh beberapa orang perwakilan anggota Panther Mania yang berdomisili di Ungaran, Salatiga dan sekitarnya.

"Warga sangat antusias dan senang sekali nampak, berbondong - bondong membawa tempat air masing - masing untuk diisi dari 3 truk tangki air bersih yang disediakan oleh anggota Panther Mania," kata Tito.

Aktifitas bakti sosial ini adalah bagian dari kegiatan rutin anggota Komunitas Panther Mania Korwil Semarang khususnya dan di seluruh wilayah Indonesia, selain kegiatan Nenda, Touring Luar Kota, Modifikasi Mobil serta kegiatan baksos dengan konsep yang berbeda - beda dari masing - masing Korwil.

"Selain kopdar nenda, touring luar kota, modifikasi mobil, komunitas Panther Mania sering kali mengadakan berbagai kegiatan - kegiatan sosial di daerah masing - masing dengan konsep yang berbeda - beda," sambung Tito.

Dicontohkan oleh Tito, selain bantuan air bersih, agenda bakti sosial lainnya seperti event Go Green. "Misalnya dengan event Go Green, caranya tukar bibit tanaman dengan sampah botol plastik, yang baru saja di lakukan pada Minggu (07/10/2018) lalu, di Taman Kota Bendosari, Salatiga, dan juga mengikuti bakos air bersih ini, mereka juga mengajak keluarga (anak dan istri) sehingga dapat memberikan edukasi yang positif buat anak - anak kita," terang Tito.

Penyaluran air bersih di RT 02 RW 04 Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Senin (15/10/2018). 
Diharapkan Tito, anggota Komunitas Panther Mania Korwil Semarang dapat memahami bahwa keberadaan mereka tidak bisa lepas dari kehidupan sosial dan tidak hanya melakukan kegiatan yang bersifat hura - hura.

"Harapannya selain bermanfaat bagi pihak masyarakat, untuk di dalam klub sendiri supaya member dapat memahami bahwa klub Panther Mania tidak bisa lepas dari kehidupan sosial, tidak hanya senang melakukan kegiatan yang sifatnya hanya hura - hura," tandas Tito.

Selama berjalan bakti sosial di wilayah RT 02 RW 04 Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Yati (40), seorang warga setempat menyampaikan rasa senangnya dengan bantuan air bersih di wilayahnya yang bisa dinikmati oleh lebih kurang 50 kepala keluarga.

"Di wilayah kami RT 02 RW 04 Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, tiap tahunnya mengalami kekeringan, sumur satu wilayah habis sehingga harus mengambil air di desa lain, kira - kira berjarak 2 kilometer, meski sekarang ada PDAM namun air juga tidak mencukupi, terkadang kita warga patungan untuk membeli air minum. Sehingga dengan adanya bantuan air bersih dari Komunitas Panther Mania kali ini, sangat membantu untuk kami, dan kami sangat berterima kasih atas bantuan ini," kata Yati. (Choerul Amar)