Monday, October 15, 2018, 10/15/2018 01:37:00 PM WIB
Last Updated 2018-10-15T06:37:37Z
NEWSTNI & POLRI

TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis, Tema TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Tahun 2018

Advertisement
Pemukulan kenthongan tanda dibukanya Program TMMD Sengkuyung Tahap ke 3 di lapangan Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, didampingi oleh Dandim 0714/Salatiga, Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan, dan Forkompinda Kota Salatiga, Senin (15/10/2018). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Salatiga, Beritaglobal.net - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai program kerja untuk turut serta mendorong kemajuan bangsa, salah satunya adalah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD dilaksanakan di seluruh Komando Distrik Militer (Kodim) di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Kodim 0714/Salatiga.

Setelah menjalankan program TMMD Reguler ke 102 Tahun Anggaran 2018 di Desa Bonomerto, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang pada bulan Juli hingga Agustus 2018, yang lalu. Pada penghujung tahun anggaran 2018, Kodim 0714/Salatiga, kembali melaksanakan program TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3, bersama Pemerintah Kota Salatiga.

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Salatiga

Berdasar data diterima beritaglobal.net, dari Penerangan Kodim 0714/Salatiga, Pelda W. Yudha W, Senin (15/10/2018), Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Tahun 2018 Kota Salatiga di gelar di Lapangan Kalibening, Kelurahan Kalibening ,Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (15/10/2018), sekira pukul 08.00 WIB.

Inspeksi pasukan upacara oleh Wakil Walikota Salatiga selaku Irup pada upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Tahun 2018.

TMMD Sengkuyung III dilaksanakan oleh Kodim 0714/Salatiga yang bekerja sama dengan pemerintah Kota Salatiga ini akan melaksanakan pembangunan Jalan di Kelurahan Kali Bening. Program yang ke sekian kalinya ini tentunya bertujuan bagi kesejahteraan warga masyarakat Kelurahan Kalibening khususnya.

Pembangunan sarana dan prasarana ini tentunya bukan rencana yang mendadak ataupun tanpa persiapan terlebih dahulu, tetapi dengan kerja sama antara Babinsa, perangkat Kelurahan serta Badan Pengembangan Desa/Kelurahan yang meninjau langsung ke lapangan sehingga memperoleh data tentang apa saja yang menjadi sasaran dari Program ini.

Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., bertindak selaku Inspektur Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III ini, didampingi oleh Komandan Kodim (Dandim) 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan dan juga segenap Forkompinda Kota Salatiga, Camat Tingkir, Kepala Kelurahan Kalibening, staf Kelurahan Kalibening, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Kalibening.

Dalam membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, Wakil Walikota Salatiga Muh. Harris, S.S., M.Si., menyampaikan, ”Hari ini secara serentak dimulai pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 tahun 2018. Hari ini kembali semangat gotong - royong makin mantap terasa dan kentara pada gerak pembangunan Desa/Kelurahan. Sedaya sami sayuk guyub - rukun, saiyeg saekapraya bebarengan mbangun Desa/Kelurahan melalui TMMD. Kita ingin gotong - royong sebagai saripati niIai - nilai ke-Indonesia-an dan esensi kultur ketimuran dapat terus terjaga dengan baik. Karena disitulah inti dari kekuatan bangsa dalam menjaga persatuan pada ke-Bhinneka-an. Dari situ pulalah kita tangkal sikap - sikap individualistik dan egoistik, untuk merajut kembali kain kebersamaan dan respon sosial yang memajukan dan mensejahterakan. Saya juga gembira, bahwa TMMD terus memberikan perhatian pada pemberdayaan kaum perempuan dan kelompok disabilitas. Itu luar biasa, apalagi mereka ini merupakan kelompok masyarakat yang rentan akan tindak kekerasan dan masih terbatas akses terhadap bidang kehidupan. Melalui TMMD, berdayakan, kuatkan dan berikan perlindungan untuk kaum perempuan dan anak, serta ciptakan suasana ramah dan nyaman bagi penyandang disabilitas. Spiritnya adalah bagaimana agar desa - desa mampu memberikan pelayanan terbaik kepada warganya, Bapak-Ibu, satu hal lain yang kemudian membuat saya selalu bangga, bahwa TMMD sangat intens mengedukasi masyarakat akan nilai Pancasila. Saya menangkap semangat dari desa untuk siap memperkuat benteng perlindungan dan perlawanan terhadap aksi - aksi yang mengancam NKRI seperti aksi radikalisme, terorisme, dan narkoba. Semangat yang harus bisa dirawat dan diviralkan kepada seluruh warga bangsa Indonesia. Termasuk semangat siap dan waspada menghadapi bencana harus terus ditiupkan pada setiap tarikan nafas kehidupan masyarakat desa. Melalui TMMD, berikan edukasi kebencanaan kepada warga desa, agar mereka melek dan tanggap terhadap bencana," kata Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., seperti disampaikan oleh Pelda W. Yudha W.

Sementara itu, Dandim 0714/Salatiga mengatakan, “Kami akan selalu siap berbuat demi kesejahteraan warga masyarakat, khususnya di program TMMD Sengkuyung Tahap III ini. TMMD Sengkuyung ini dilaksanakan di dua wilayah, untuk Kota Salatiga sendiri dilaksanakan di Kecamatan Tingkir, sedangkan untuk wilayah kabupaten Semarang dilaksanakan di Kecamatan Bergas, saya juga sudah sampaikan kepada Danramil Tingkir dan Danramil Klepu untuk senantiasa memaksimalkan pengerjaan dilapangan, koordinasikan dengan pihak terkait apabila ada kendala dilapangan, jalin komunikasi dan kerjasama yang baik agar apa yang kita lakukan untuk masyarakat dapat maksimal hasilnya," tandas Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan.

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Kabupaten Semarang

Menyambung upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Kodim 0714/Salatiga di lapangan Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, menghadiri juga upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 di dilapangan Desa Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. 

Pemukulan gong oleh Bupati Semarang Dr. Mundjirin, ES., Sp.OG., tanda dibukanya program TMMD Sengkuyung Tahap ke 3 Tahun 2018 di Lapangan Desa Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Senin (15/10/2018).
Pada pembukaan TMMD di wilayah Kabupaten Semarang, Bupati Semarang Dr. Mundjirin, ES., Sp.OG., dan hadir dalam upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 di Lapangan Desa Jatijajar adalah Kompol Suparji selaku Kabag Ops Polres Semarang, mewakili Kapolres Semarang, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, Mayor Inf Kadarusman selaku Pabung Kodim 0714/Salatiga, Lettu (Kowad) Cpm Dani Martian, Dansub IV/3-3 Denpom Ambarawa, Forkompinda Kabupaten Semarang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Semarang, perwakilan Bhayangkari Polres Semarang, perwakilan Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXV, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Sasaran Pokok TMMD Sengkuyung di Desa Jatijajar adalah pembangunan betonisasi jalan penghubung antara Desa Jatijajar dengan Desa Randu Gunting, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, dengan panjang lebih kurang 860 M, Lebar 3 M dan Tebal 12 CM, rehab RTLH sebanyak 12  Unit, rehab Mushola.

Seperti halnya di Kota Salatiga, Bupati Semarang Mundjirin, membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Semarang Dr. Mundjirin, ES., Sp.OG., kepada perwakilan masyarakat Desa Jatijajar.
Selepas upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap ke - 3 Tahun 2018, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan - bantuan oleh Forkompinda Kabupaten Semarang, berupa 15 ribu ekor bibit ikan nila, bibit tanaman sengon, bibit tanaman salam, bantuan rehab  rumah tidak layak huni senilai Rp120 juta, serta pertunjukan Drum Blek. (Choerul Amar/HMS)