Wednesday, November 7, 2018, 11/07/2018 09:11:00 PM WIB
Last Updated 2018-11-07T16:57:46Z
NEWSPOLITIK

Apel 3 Pilar Wujudkan Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden - Wakil Presiden Tahun 2019 Damai Dan Sejuk

Advertisement
Foto bersama selepas pembacaan Deklarasi Netralitas TNI, Polri dan ASN dalam Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden - Wakil Presiden Tahun 2019, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Rabu (07/11/2018). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Ungaran, Beritaglobal.net - Dalam rangka mewujudkan Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden - Wakil Presiden Tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, diselenggarakan Apel 3 Pilar terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, Kades/Lurah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Ungaran Timur, Rabu (07/11/2018) siang.

Apel 3 Pilar ini dipimpin langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen POL Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., dengan Komandan Upacara adalah Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan.

Apel 3 Pilar, dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, Danrem 073/MKT Kolonel Arm Moch Erwansjah, S.Sos. S.I.P., M.Hum., diwakili Kasrem 073/MKT Letkol Inf Hari Santoso, S.Sos., Aster Kasdam IV/Dip Kol Inf Setyo Ariyanto, Kapendam IV/Dip Kol. Arh. Zaenudin, S.H., M.Hum., Dir Bimas Polda Jateng, Kabid Humas Polda Jateng, Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin, ES., Sp.OG., Walikota Salatiga H. Yuliyanto, S.E., M.M., Kapolres Semarang AKPB Agus Nugroho, Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan, Perwakilan Partai Politik se Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, Kapolsek se Polres Semarang dan Polres Salatiga, Lurah/Kades se Kabupaten Semarang san Kota Salatiga, anggota Bhabinkamtibmas se Polres Semarang/Polres Salatiga dan Babinsa Kodim 0714/Salatiga, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Semarang/Kota Salatiga, M. Talkhis, S.Pd., Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang. Sehingga total peserta Apel 3 Pilar kali ini lebih kurang 1.000 orang.

Bertindak sebagai pimpinan Apel bersama Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, memberikan arahan kepada peserta Apel secara bergantian.

Sebagai Pemimpin Apel 3 Pilar yang memberikan pengarahan pertama kali, Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Condro Kirono mengajak seluruh peseta Apel menyerukan yel - yel 3 Pilar, sebelum menyampaikan arahan untuk 3 Pilar bisa saling bersinergi, selalu soliditas dan seginitas dalam 3 Pilar, mengajak segenap lurah, kepala desa menjalin sinerginitas dalam berkerja dengan pemerintahan yang ada, TNI  dan Polri di Kabupaten Semarang serta Kota Salatiga.

Kapolda mengarahkan untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu solid dalam peran pembinaan kewilayahan dengan aparat terkait di desa yang dibina, dalam bidang pertanian dan lain - lain di wilayah binaanya. Bersama dengan Bawaslu menetralisir keadaan dan menyerukan kepada pemegang hak pilih untuk menggunakan haknya sesuai hati nurani masing - masing.

Selepas memberikan arahan dari Kapolda Jateng, arahan kepada peserta Apel 3 Pilar selanjutnya diisi oleh Pangdam IV/Diponegoro. Dalam arahannya, Pangdam menyampaikan harapan bahwa pada acara pemilu tahun 2019 bisa kondusif, dapat mengantarkan Jateng berasil dan kondusif, jadikan pesta demokrasi 2018 sebagai gambaran untuk pemilu 2019 bisa kondusif dan sukses. Sukses pemilu tahun 2019 adalah tanggung jawab semua elemen bangsa, dengan dukungan sosialisasi dari KPU. Untuk itu Babinsa dan Bhabinkamtibmas wajib tahu tugas demo, komunikasi sosial, sosial budaya dan jalin Tiga Pilar dengan baik, soliditas untuk menjaga situasi Kabupaten Semarang/Kota Salatiga bisa kondusif. Meminimalkan konflik akibat dari provokasi dari luar, menjaga netralitas 3 Pilar, agar terwujud Pemilu 2019, sukses, sejuk, menuju masyarakat adil dan makmur khususnya di Kabupaten Semarang serta Kota Salatiga.

Dalam salah satu susunan acara Apel 3 Pilar, dibacakan juga deklarasi Netralitas TNI, POLRI dan Aparat Sipil Negara (ASN) serta pembacaan deklarasi dari 13 partai politik perserta Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Semarang/Kota Salatiga.

Penulis: Vitri Prabawani
Editor: Fera Marita