Wednesday, November 7, 2018, 11/07/2018 08:09:00 AM WIB
Last Updated 2018-11-07T01:09:02Z
NEWSTNI & POLRI

Peran Babinsa Dalam Karya Bhakti TNI di Wilayah Binaan

Advertisement
Keterlibatan Babinsa dalam pembangunan Masjid Baitul Istiqomah di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Ungaran, Beritaglobal.net - Kehadiran Babinsa sangat di nanti - nantikan oleh segenap masyarakat Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, khususnya disaat terdapat kegiatan Karya Bhakti dalam pembangunan fisik, bukan tanpa alasan sosok Babinsa memang senantiasa terdepan dalam kegiatan di wilayah desa binaan.

Sebagai ujung tombak TNI AD di bidang teritorial, Babinsa memang senantiasa hampir setiap hari berada di wilayah binaan, baik pada kegiatan pemantauan wilayah, menghadiri undangan kegiatan rapat ataupun kegiatan lain, pemantauan sawah serta pendistribusian Pupuk dan masih banyak lagi keterlibatan Babinsa di wilayah Binaannya.

Disampaikan oleh Penerangan Kodim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha W., kepada beritaglobal.net, Rabu (07/11/2018), sebagai salah satu wujud nyata peran Babinsa di Desa Sidomukti adalah bersama - sama masyarakat membangun Masjid Baitul Istiqomah di wilayah Desa Sidomukti, baru - baru ini.

Tanggung jawab dalam aktifitas kemasyarakatan itulah yang membuat sosok Babinsa senantiasa menjadi tulang punggung di satuan Teritorial.

Seperti yang juga pernah disampaikan oleh Komandan Kodim 0714/Salatiga beberapa waktu lalu tentang peran serta Babinsa di wilayah binaan, pasca penyaluran bantuan atap rumah oleh PT. Tripilar Betonmas kepada korban kebakaran rumah di Dusun Kalitulang, Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang yang difasilitasi oleh Babinsa dari Koramil 08/Suruh, Jumat (28/09/2018).

"Babinsa wajib berada di tengah masyarakat di wilayah binaannya sehinga dapat merasakan langsung kesulitan - kesulitan yang dialami oleh warga. Dengan demikian maka Babinsa dapat membantu mencarikan solusi untuk mengatasinya sesuai dengan tingkatannya," kata Letkol Inf Prayoga Erawan.

Untuk lebih dapat memahami dinamika di masyarakat binaan, Letkol Inf Prayoga Erawan mengharapkan, seluruh personel Babinsa mampu memetakan aspek Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDA) dan sumber daya lainnya, sehingga bila ada permasalahan di masyarakat dapat segera memecahkannya.

"Maka dari itu Babinsa harus betul - betul menguasai daerah binaannya termasuk aspek SDA, SDM, sumber daya lainnya, sarana prasarana, dan lain - lain yang ada di wilayahnya sehingga apabila terjadi sesuatu yang menimpa warganya dapat dengan cepat membantu mengkomunikasikan untuk mengatasinya," harap Letkol Inf Prayoga Erawan terkait peran aktif personel Babinsa. (**)

Penulis : Choerul Amar
Editor: Fera Marita
Sumber: Pendim 0714/Salatiga