Tuesday, November 13, 2018, 11/13/2018 08:40:00 PM WIB
Last Updated 2018-11-13T13:51:07Z
NEWSPENDIDIKAN

Tingkatkan Mutu Pendidik PAUD, Disdikpora Salatiga Gelar Pelatihan Akbar Bagi Ratusan Guru

Advertisement
Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., didampingi istri, berfoto bersama dengan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati dan guru - guru PAUD se-Kota Salatiga selepas acara pembukaan Pelatihan Akbar Pendidikan PAUD se-Kota Salatiga, di Ruang Kaloka Gd. Sekda Kota Salatiga, Selasa (13/11/2018).

Salatiga, Beritaglobal.net - Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) menggelar pelatihan akbar pendidikan PAUD terhadap guru-guru PAUD se Salatiga, di Ruang Kaloka Gedung Setda Pemkot Salatiga. Pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga15 November 2018, ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan PAUD dengan melibatkan pemateri dari Indonesia Heritage Foundation (IHF) Jakarta.

Pelatihan Akbar Pendidikan PAUD Kota Salatiga, tersebut diselenggarakan diruang Kaloka, Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga dan dibuka oleh Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si bersama dengan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Yuni Ambarwati menyampaikan bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk memotivasi guru dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan, profesionalisme dan kinerja guru serta membangun komitmen guru PAUD dalam meningkatkan Mutu Pendidikan.

Menyambut acara pelatihan akbar Wakil Walikota Salatiga Muh Haris menyatakan apresiasinya. “Atas nama Pemerintah Kota Salatiga saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Selain sebagai ajang silaturahmi pemerintah dengan para pendidik PAUD se-Kota Salatiga, forum ini juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk menggali inspirasi, ilmu dan juga pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas para pendidik dan dinas terkait dalam menyelenggarakan pendidikan usia dini yang berkualitas dan kreatif untuk anak - anak di Kota Salatiga,” Ujar Wawali

Lebih lanjut Wawali menyampaikan bahwa usia 0 – 5 tahun merupakan masa emas pertumbuhan anak. Masa ini merupakan masa kritis dan menjadi basis, landasan, dan fondasi berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Berulangkali diberbagai pertemuan saya selalu mengingatkan akan pentingnya pencegahan stunting, pengawasan terhadap asupan gizi menjadi sangat penting bagi ibu hamil dan anak - anak sebab dimasa itu stunting masih mudah untuk di tanggulangi namun jika sudah terlanjur dewasa maka intervensi akan sulit dilakukan, oleh karena itu stimulan yang tepat di butuhkan untuk pertumbuhan baik dari sisi kecerdasan ataupun sosialnya. Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membantu orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada masa emas anak. Selain pendidikan yang terkait dengan kecerdasan otak, pendidikan akhlak pun tidak kalah penting untuk membentuk karakter anak yang baik,” pungkas Wawali.

Usai membuka acara pelatihan Wawali menyempatkan diri berfoto bersama dengan seluruh peserta pelatihan. (Khamim)