Wednesday, December 12, 2018, 12/12/2018 02:01:00 AM WIB
Last Updated 2018-12-11T19:01:45Z
LIFESTYLENEWS

Saya Berani Saya Sehat! Tagar Peringatan Hari AIDS Sedunia

Advertisement
Leaflet peringatan hari AIDS Sedunia Kota Salatiga, direncanakan di Taman Kota Bendosari, Jumat (14/12/2018)

Salatiga, beritaglobal.net - Human Immunodeficiency Virus, atau HIV, adalah virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Setiap tanggal 01 Desember, dicanangkan sebagai hari AIDS sedunia.

Dilansir dari id.m.wikipedia.org, bahwa sejarah peringatan hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Pada tahun 2018, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga bekerja sama dengan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) peduli HIV/AIDS, berencana memperingati hari AIDS Sedunia pada hari Jumat (14/12/2018) mendatang, di Taman Kota Bendosari.

Disampaikan oleh Doddy Sulistiyanto (39), dari LSM MITRA ALAM, disela koordinasi persiapan penyelenggaraan peringatan Hari AIDS Sedunia di gedung pertemuan DKK Salatiga, Selasa (11/12/2018), "Acara ini diharapkan, - tidak ada lagi stigma dan diskriminasi kepada orang yang terinfeksi HIV, - tidak ada lagi penularan HIV, - tidak ada lagi kematian yang disebabkan oleh virus HIV," ungkap Doddy.

Acara yang direncanakan akan dibuka Walikota Salatiga H. Yuliyanto, S.E., M.M., ini akan dihadiri oleh peserta dari beberapa perwakilan ormas, undangan beberapa lintas sektor, LSM dan beberapa dari mahasiswa dan anak sekolah, direncanakan akan dimulai sekira pukul 07.00 WIB.

Doddy menambahkan bahwa acara peringatan Hari AIDS Sedunia di Taman Kota Bendosari Salatiga, akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pelepasan burung dara sebagai Simbolis Penghilang Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHA, penyerahan Piala Lomba Duta Remaja Peduli HIV/AIDS, Pemakaian Slempang Duta Remaja Peduli HIV/AIDS, Mini Talkshow testimoni ODHA, Senam Bersama, Game, Makan Bersama, Hiburan Organ Tunggal dan pembagian Doorprize.

"Pada peringatan nanti akan banyak acara, diantaranya pelepasan burung dara sebagai Simbolis Penghilang Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHA, penyerahan Piala Lomba Duta Remaja Peduli HIV/AIDS, Pemakaian Slempang Duta Remaja Peduli HIV/AIDS, Mini Talkshow testimoni ODHA, Senam Bersama, Game, Makan Bersama, Hiburan Organ Tunggal dan pembagian Doorprize," imbuh Doddy.

Saat akan dikonfirmasi kepada pihak panitia dari Seksi Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS, disampaikan oleh Doddy bahwa selepas acara koordinasi, telah pergi meninggalkan ruang pertemuan.

"Nanti saya sampaikan kepada Kabid P2 HIV DKK Salatiga, karena beliau selaku ketua panitia acara peringatan hari AIDS Sedunia di Kota Salatiga," pungkas Doddy. (Agus Subekti)