Danramil 05/Tuntang Bersama KORENTANG, Tanam Sedikitnya 7.000 Beraneka Pohon di 15 Desa -->

code ads

Danramil 05/Tuntang Bersama KORENTANG, Tanam Sedikitnya 7.000 Beraneka Pohon di 15 Desa

Wednesday, January 9, 2019
Danramil 05/Tuntang Kodim 0714/Salatiga Kapten Arh Widarto, menyerahkan secara simbolis bibit tanaman kepada Kades Karanganyar Kiki Fitriana, dalam acara tanam 7.000 pohon memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia, di Lapangan Desa Karanganyar, Kamis (10/01/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Ungaran, beritaglobal.net - Dalam rangka memperingati hari Sejuta Pohon Sedunia, Komunitas Relawan Tuntang (KORENTANG), Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Kabupaten Semarang, Pemerintah Kecamatan Tuntang dan Koramil 05/Tuntang, hijaukan 15 desa di wilayah Kecamatan Tuntang, dengan tanam sedikitnya 7.000 pohon, Kamis (10/01/2019) pagi, di Lapangan Desa Karanganyar, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Pada saat penyerahan pohon secara simbolis, Camat Tuntang Drs. Lalu Muhamad Maladi menyampaikan, "Kami harapkan pohon yang diserahkan dapat segera ditanam dan semoga dapat hidup dengan subur demi kelangsungan hidup pohon tersebut serta bisa menjadikan lingkungan menjadi sehat dan sejuk. Selain itu, pohon dapat menyerap Co2, sehingga udara yang kita hirup itu bersih. Selian juga untuk kelestarian lingkungan demi anak cucu dikemudian hari," ungkap Lalu Muhamad Maladi.

Adapun sekitar 7.000 batang pohon yang akan ditanam di 15 Desa di Kecamatan Tuntang adalah Sengon, Cempedak, Sawo, Kayu Putih, Duren, Apel Hijau.

Senada dengan Camat Tuntang Lalu Muhamad Maladi, Komandan Koramil (Danramil) 05/Tuntang Kapten Arh Widarto menyampaikan kepada beritaglobal.net melalui Pendim 0714/Salatiga Pelda W. Yudha Widharta  bahwa sejak TNI AD lahir sudah aktif lakukan penghijauan, karena program ini penting bagi kehidupan, sebagai sarana penyimpan air dan membuat udara segar. Karena dengan lingkungan hijau, berarti disitu ada kehidupan.

"Sejak TNI AD lahir, kami sudah aktif lakukan penghijauan, Alhamdulillah, disini dapat dilakukan penghijauan, tidak ada bedanya. Karena penghijauan sangat penting untuk kehidupan, dalam menampung air hujan, membuat udara bersih dan segar. Saat ada penghijauan, berarti disitu ada kehidupan yang sedang berlangsung," ungkap Kapten Arh Widarto, seperti disampaikan Pelda Yudha.

Sementara itu, Kepala DLHK Kabupaten Semarang yang diwakili oleh Kepala Didang 1, Budi Santoso menyampaikan bagaimana cara menghindari pencemaran air, udara dan lingkungan hidup kita sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup manusia.

"Kita semua harus tetap semangat demi menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari dan bermanfaat bagi manusia, masyarakat memiliki hak yang sama untuk melestarikan lingkungan yang dilindungi oleh peraturan daerah," kata Budi Santoso.

Acara penanaman pohon dalam rangka memperingati hari Sejuta Pohon Sedunia tahun 2019, kali ini, dihadiri pula oleh Kades Karanganyar Kiki Fitriana Sari, BPBD Kabupaten Semarang, Ketua Global Green Indonesia Kabupaten Semarang, dan puluhan anggota KORENTANG. (Agus S/WYW)